Selasa, 30 Sep 2014 - 20.49 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Nilai Sekolah Kawasan Diturunkan

Rabu, 05 Jun 2013 - 23.40 WIB

5uas 1

Seorang siswa SMA di Surabaya tengah mengerjaka UAS (Suryanto/Centroone)

Surabaya - Setelah banyak keluhan tentang patokan nilai untuk masuk sekolah kawasan, akhirnya Dinas Pendidikan Surabaya memutuskan bakal menurunkan ketentuan tersebut.

Saat ini, nilai rata rata dan nilai matpel (mata pelajaran) yang disyaratkan pada calon siswa untuk bisa masuk ke sekolah kawasan sangat tinggi, padahal hasil dari Unas pelajar di Surabaya sangat rendah.

Rencananya, nilai rata-rata yang semula dipatok 8,5, kini jadi minimum 8. Sedangkan nilai matpel yang bakal ditetapkan tidak boleh kurang dari 7,25 dari ketentuan awal 7,5.

Pada hearing di Komisi D DPRD Surabaya, Rabu (5/6/2013), Dinas Pendidikan menyampaikan rencana perubahan ketentuan nilai itu sebagai syarat calon siswa untuk bisa mengikuti test di sekolah kawasan. Pasca-pengumuman hasil Unas banyak wali murid yang memersoalkan ketentuan masuk sekolah kawasan yang cukup berat. Yakni dengan syarat nilai rata-rata minimal 8,5 dan nilai matpel minimal 7,5.

Padahal saat Unas 2013, banyak hasil yang diperoleh pelajar di Surabaya yang sulit memenuhi ketentuan itu. Bahkan terbukti hanya sekitar 4.900 siswa lulusan SMP yang bisa memenuhi kriteria untuk dapat mengikuti seleksi sekolah kawasan.

Sementara pagu untuk sekolah kawasan tingkat SMU sebanyak 4.300 lebih. Sehingga proses seleksi sekolah kawasan bakal berlangsung tidak ketat karena persaingan yang minim.

Sementara untuk jalur reguler umum dan SMK, persaingan calon siswa bakal sangat ketat dengan jumlah peserta yang jauh lebih banyak dari pagu yang tersedia. Bisa dibayangkan, 24.000 siswa yang bakal masuk SMAN/SMKN sangat ketat dengan pagu yang terbatas, sehingga bakal banyak yang lari ke sekolah swasta.

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra

 

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING