Kamis, 24 Jul 2014 - 17.38 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

4 Pasangan Cagub-Cawagub Jatim Adu Visi dan Misi

Senin, 12 Agu 2013 - 15.20 WIB

IMG0981

Para pasangan calon dalam acara di DPRD Jatim. Foto: Centroone.com/Windhi Ariesman

Surabaya - Penyampaian visi, misi dan program pasangan calon gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2014-2019, Senin (12/8/2013) digelar di gedung DPRD Jatim. Rapat tersebut dibuka dan dipimpin Ketua DPRD Jatim Imam Sunardi.

Dalam acara itu dihadiri para bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota di Jatim serta para pendukung pasangan calon.

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad menegaskan, visi, misi dan program ini bukan sekadar ucapan, tapi janji sebagai calon pemimpin.

"Sampaikanlah visi, misi dan program ini dengan hati. Seluruh pasangan, salah satunya akan terpilih sebagai orang yang terhormat. Bagi pasangan yang tak terpilih, harus gentle dan semoga menjadi orang besar ke depannya. Hormati pelaksanaan pemilihan ini," kata Andry Dewanto.

Dalam visi, misi dan program ini diberi tenggat waktu 20 menit untuk tiap pasangan. Di ruang sidang DPRD Jatim itu juga dilarang ada pamflet, logo parpol, bendera partai ataupun spanduk dukungan untuk pasangan calon.

Pada kesempatan pertama, pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf menyampaikan masalah pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

"PDRB yang mencapai 1.000 adalah Jatim dan DKI Jakarta. Pertumbuhan per kapita Jatim mencapai 40 persen. Ini semua karena UKM di Jatim yang tangguh," jelas Pakde Karwo.

Visi yang disodorkan, Jatim lebih sejahtera, berakhlak, berkeadilan, mandiri dan berdaya saing. Sementara ada 12 misi seperti lapangan kerja, penguatan ekonomi perempuan, pengikatan daya saing dan lainnya.

Untuk pengembangan dan pemberdayaan agrobisnis, wajib belajar 12 tahun, peningkatan koperasi, menjadikan satu antara posyandu, bina keluarga dan PAUD serta lainnya masuk dalam program kerja pasangan ini.

Pasangan Eggi Sudjana - M Sihat menyatakan selama delapan bulan keliling Jatim mendapati keluhan dari warga jika mereka tidak merasakan kemerdekaan.

"Mau jadi PNS, TNI, POLRI harus nyogok. Ini kan tidak merdeka. Jatim kaya sumber daya alam, tapi kantong kemiskinan justru sangat besar. Kami akan orangkan rakyat dengan membukakan rekening seluruh warga agar moderen. Jadi tak perlu antri. Masyarakat harus mengelola keuangan rakyat agar perputaran uang ada di bawah," tegas Eggi yang berkeinginan membentuk Badan Penanggulangan Pengangguran dan Kemiskinan untuk mendata warga yang miskin.

Jatim harus berubah, Eggi-Sihat yang akan merubahnya. Pasangan ini menyalahkan jika semua salah pemimpin sehingga Jatim tetap terpuruk. Eggi-Sihat saat itu hanya berorasi menyampaikan kondisi Jatim tanpa menyampaikan visi, misi dan program secara terstruktur.

Pasangan Bambang DH - Said Abdullah mengusung wajib belajar 12 tahun. Masalah kesehatan dan kesejahteraan warga juga disinggung pasangan ini. Untuk mewujudkan itu tentu butuh kerja keras agar bisa memberantas kemiskinan, mewujudkan kesejahteraan sosial dan menangani masalah pengangguran.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Herman Suryadi Sumawiredja menyinggung jika indeks pembangunan manusia di Jatim ada di urutan 18, ini ditandai dengan angka kematian bayi, kelahiran, kematian bayi. Padahal urutan perekonomian di nasional, Jatim diurutan ke-2. Tentu ini tak sebanding antara keduanya.

"Misi kami soal ekonomi, seperti pengentasan kemiskinan. Dengan peringkat kedua nasional tingkat ekonominya, tapi Jatim masih menjadi penyuplai TKW besar. Kita menyumbang unskill labour bukan skill labour. Untuk itu perlu ciptakan BLK untuk mendidik keahlian. Peningkatan pendidikan serta kesehatan dan lingkungan hidup," ujar Khofifah menyampaikan visinya dan memiliki program pembangunan yang akan bertumpu pada rakyat.

Usai penyampaian visi, misi dan program pasangan Cagub dan Cawagub, digelar parade pasangan calon yang diarak keliling Surabaya.

 

Oleh: Windhi Ariesman - Editor: Masruroh

 

 

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING