Selasa, 25 Nov 2014 - 05.26 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Angkutan Lebaran, KSOP Tanjung Perak Siapkan 34 Kapal

Jumat, 19 Jul 2013 - 21.07 WIB

19tanjungperak

Penumpang kapal di Tanjung Perak (Suryanto/Centroone)

Surabaya- Aktifitas pelayanan angkutan laut di Tanjung Perak, diprediksi bakal meningkat Hal ini ditegaskan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (KSOP) Tanjung Perak dan untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang, telah disiapkan 34 unit kapal. Disampaikan Kepala KSOP Tanjung Perak, I Nyoman Gde Saputra, peningkatan penumpang kapal laut justru terjadi pada saat mudik Lebaran, yang sudah dimulai pada H-15.

KSOP terus melakukan pengawasan terhadap kapal masuk dan keluar serta terus ditingkatkan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Bahkan, pada awal Ramadhan, kegiatan uji petik kapal telah dilaksanakan untuk memastikan laik laut kapal. Saat ini, sudah ada empat kapal, diantaranya melayani penumpang yang akan berlebaran di pulau-pulau terpencil di Jawa Timur, yaitu Pulau Bawean, Masalembo dan Pulau Sapeken.

Khusus pelayaran ke pulau terpencil, kata Nyoman, diberikan gratis dengan biaya pemerintah daerah.Kapal yang melayani pulau terpencil tersebut yaitu jenis coaster atau kapal barang yang umumnya digunakan melayani pelayaran perintis. Kapal barang tipe coaster itu mulai beroperasi pada 3 Agustus 2013.

Lonjakan penumpang mudik Lebaran di pelabuhan Tanjung Perak itu, kata Nyoman, mulai terjadi pada H-15 dan puncaaknya H-7. "Kalau kapal memang lebih awal, beda dengan angkutan darat dan kereta api," kata dia. (windhi)

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING