Bahas Nasib ABK Kapal, DPR Segera Panggil Manajemen PT. Karltigo

Kamis, 04 Jul 2013 - 00.35 WIB
3Konpers Komisi IX 100613 w

Dua anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka (kiri) dan Poempida Hidayatullah memberikan keterangan pers terkait insiden kerusuhan Konjen RI di Jeddah, Arab Saudi di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (10/6). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Jakarta – Anggota Komisi IX DPR, Poempida Hidayatulloh berencana akan memanggil manajemen PT. Karltigo Jakarta untuk rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR.

Hal ini dikemukakan Poempida saat menerima pengaduan perwakilan anak buah kapal (ABK) di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (03/07/2013). “Mereka (ABK) ini sampai sekarang belum menerima gaji yang menjadi haknya,” tegasnya.

Karena itu, lanjut Poempida, dirinya meminta pimpinan Komisi IX mengundang manajemen PT. Karltigo untuk dimintai pertanggungjawaban atas nasib ratusan ABK yang haknya belum terbayar sama sekali. “DPR akan meminta klarifikasi pihak manajemen PT. Karltigo terkait pengaduan mereka (ABK) mengenai gaji yang sampai sekarang belum dipenuhi,” kata politisi Partai Golkar ini.

Lebih jauh Poempida menjelaskan, berdasarkan hasil pengaduan para ABK olehnya, banyak ditemukan kejanggalan-kejanggalan seperti tidak adanya training bagi calon ABK oleh perusahaan penyalur tenaga kerja, serta juga para ABK yang tidak mendapatkan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN).

Ditambahkan Poempida, selama ini kasus tenaga kerja illegal sudah luput dari perhatian pemerintah. Karena itu, dirinya akan berinisiatif memasukkan kejadian ini sebagai bagian dari pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri (RUU PPILN). “Segera atas masukan dari para ABK ini, Saya akan membawa kasus ini ke dalam pemabahsan RUU PPILN,” tukas Poempida.

Oleh:Luki Junizar- Editor:YL.antamaputra

 

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/news/2013/07/1y/bahas-nasib-abk-kapal-dpr-segera-panggil-manajemen-pt-karltigo/