Senin, 22 Des 2014 - 11.51 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

KPK Gelar Rekonstruksi Suap Bupati Madina

Jumat, 07 Jun 2013 - 20.01 WIB

Law 16x9

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan kasus dugaan suap proyek alokasi dana bantuan bawahan untuk Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Salah satunya dengan melakukan rekontruksi kasus yang telah menyeret Bupati Madina, Hidayat Batubara sebagai tersangka.  

"Tim penyidik KPK sedang berda di Medan melakukan rekontruksi kasus Bupati Mandailing natal di BRI Putri Hijau Medan kemudian di kantor SP Jl Bima Sakti," ucap Juru Bicara KPK, Johan Budi di kantornya, Jakarta, (07/06/2013).  

Menurut Johan, rekontruksi tersebut dilakukan sejak pukul 10.00 WIB pagi tadi. Selain rekontruksi, KPK juga melakukan pemeriksaan saksi di Medan terkait kasus yang sama.  

"Pemeriksaan saksi terhadap karyawan milik tersangka SB," pungkasnya.  

Kasus ini berawal dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK di Medan, Sumatera Utara, Selasa (14/05/2013) lalu. Saat itu, KPK meringkus tiga orang yang salah seorang diantaranya adalah Bupati Madina, Hidayat Batubara.  

Penangkapan yang menyeret Bupati Madina tersebut diduga berkaitan dengan kasus proyek alokasi dana bantuan bawahan untuk Kabupaten Madina. Dua orang lainnya yang diamankan KPK adalah SP alias Surung Panjaitan dan KRL alias Khairil Anwar, Plt Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Madina.  

Adapun barang bukti yang disita KPK adalah uang sebanyak Rp 1 miliar. KPK akhirnya menetapkan Bupati Madina Hidayat Batubara, Khairil Anwar dan Surung Pandjaitan sebagai tersangka setelah melakukan pemeriksaan intensif.  

Bupati Hidayat Batubara diduga menerima suap sekitar Rp 1 Miliar dari pihak kontraktor. Suap itu diberikan agar kontraktor mendapatkan proyek dari alokasi bantuan dana bawahan kabupaten Madina.  

Terkait pengembangan kasus ini, KPK juga telah memeriksa sejumlah saksi-saksi yang diduga mengetahui. Tak hanya itu, KPK juga telah menggeledah rumah Surung Panjaitan yang beralamat di Jl. KH Ahmad Dahlan Nomor 9, Kabupaten Madina, Medan, Sumatera Utara, Senin (03/06/2013) lalu.  

Oleh: Rangga Tranggana - Editor: Vivi Irmawati

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING