Kamis, 23 Okt 2014 - 22.46 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Tim Adipura Verifikasi Lingkungan Surabaya

Senin, 13 Mei 2013 - 23.45 WIB

Kunjungan ke super depo sutorejo

Ketua DPA Sarwono Kusumaatmaja saat mengunjungi super depo Sutorejo. (windhi/centroone)

Surabaya - Penilaian Adipura Kencana saat ini telah memasuki fase akhir. Dalam waktu dekat, pemenang penghargaan tertinggi di bidang lingkungan ini akan diumumkan. Sementara, kota-kota nominator akan diverifikasi oleh Dewan Pertimbangan Adipura.

Senin (13/5/2013), Dewan Pertimbangan Adipura mendatangi Pemkot Surabaya untuk melakukan verifikasi. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima tim tersebut di Balai Kota. Wali kota memaparkan secara rinci program kota terkait kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Kunci sukses perubahan wajah kota yang kini lebih asri dan bersih terletak pada peran aktif serta partisipasi masyarakat.

Saat ini, wali kota menggerakan para camat dan lurah, untuk lebih intens mesosialisasikan masalah lingkungan. Sekarang, banyak wilayah yang menerapkan kerja bakti secara rutin. “Ini bukan untuk kepentingan pemkot saja, tapi yang lebih penting adalah bagaimana membangun budaya masyarakat sadar akan kebersihan,” terangnya.

Kota Surabaya memang dikenal dengan semboyan “bersih dan hijau”. Semangat itulah yang terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi pemerintahannya, banyak program-program pemkot yang berwawasan lingkungan. Di antaranya, pembangunan rumah kompos yang sudah mulai menjamur. Wali kota juga memperlihatkan kondisi kampung-kampung yang sudah menjalankan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). IPAL tersebut memang sederhana, namun berfungsi dengan baik.

Daur ulang dan bank sampah juga merupakan salah satu upaya pemkot dalam mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA). Sampah mulai dipilah sejak awal, dengan demikian jumlah sampah di TPA akan berkurang. Sampah ternyata bisa dimanfaatkan secara ekonomis dan punya nilai jual. Manajemen bank sampah kini sudah diajarkan di sekolah-sekolah dan seluruh kampung. Kini jumlah bank sampah sudah mencapai 135 bank.

Ketua Dewan Pertimbangan Adipura, Sarwono Kusumaatmaja mengatakan, sepak terjang Surabaya dalam bidang pengelolaan lingkungan memang sudah tidak diragukan lagi. Dia menilai, partisipasi masyarakat sudah sangat baik, hanya ada beberapa hal saja yang perlu mendapat perhatian.

Usai lawatan di balai kota, rombongan bergerak menuju beberapa lokasi. Tim juri mengunjungi beberapa sekolah, super depo Sutorejo, dan taman kota.

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING