Kamis, 28 Agu 2014 - 08.14 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Juni, Harga BBM Bersubsidi Akan Naik

Senin, 13 Mei 2013 - 14.18 WIB

BBM5

Jakarta - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengisyaratkan rencana pemerintah untuk menaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi akan terjadi pada Juni bersamaan dengan pemberian kompensasi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat miskin.

"Diharapkan awal Juni diputuskan untuk kenaikan BBM dan pemberian kompensasi kepada masyarakat. Presiden mengharapkan semuanya (kenaikan BBM dan pemberian kompensasi) selesai dalam satu paket, jangan dipisah," kata Agung di Jakarta, Senin (13/5/2013).

Agung menjelaskan, nantinya masyarakat akan menerima BLT sebesar Rp 150 ribu, bantuan tersebut nantinya akan diberikan selama lima bulan. Secara teknis pemberian tersebut bisa diberikan selama 3 bulan sekali, dan 2 bulan sekali.

"Pemberian akan diberikan sekitar 62-65 juta jiwa atau 25 persen dari penduduk Indonesia yang menerima," tuturnya.

Alasan pemerintah memberikan kompensasi berupa BLT, lanjut Agung, dikarenakan untuk menghindari masyarakat miskin dari shock akibat kenaikan harga BBM yang berimbas terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Kita ingin menghindarkan rakyat miskin ini dari shock kenaikan harga BBM, naik harga BBM pasti harga barang naik, tapi penghasilan tetap bahkan tambah kecil," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah akan menaikkan harga BBM bersubsidi jenis premium dan solar dari Rp 4.500 menjadi sekitar 6.000 per liter mulai Juni 2013.

Tadinya harga BBM bersubsidi naik mulai 1 Mei ini, namun akhirnya ditunda karena anggaran untuk program kompensasi BBM bagi masyarakat miskin harus mendapat persetujuan DPR.

Program kompensasi BBM merupakan program jaring pengaman sosial untuk masyarakat miskin yang bakal terkena dampak penaikan harga BBM bersubsidi. Dengan adanya program tersebut, masyarakat miskin diharapkan tidak semakin miskin dan masyarakat setengah miskin tidak jatuh miskin.

 

Oleh: Fajar Sudrajat - Editor: Masruroh

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING