Senin, 24 Nov 2014 - 06.53 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

KPU Gelar Pleno Cermati Temuan Verfikasi DCS Parpol

Senin, 06 Mei 2013 - 17.22 WIB

pemilu 2014 3

Jakarta - Jelang pengembalian DCS oleh KPU ke setiap partai politik pada tanggal 7-8 Mei 2013. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengelar pleno untuk mencermati terhadap hasil verifikasi yang dilakukan oleh verfkator. Hal tersebut mengingat, akan diumumkannya hasil seleksi administrasi dari bakal calon Anggota Pemilu (Bacaleg) kepada Partai politik (parpol), yang nantinya dapat diperbaiki menjadi daftar calon anggota legislatif sementara (DCS).

"Pleno ini merupakan pencermatan terhadap apa yang dilakukan verifikator. Jadi apa yang dilakukan oleh verifikator dicermati oleh komisioner, kemudian kita sandingkan datanya, cara mereka ambil keputusan standar apa tidak kemudian akan kita putuskan. Verifikator itu kita bentuk 12 tim satu tim sekitar 6 orang," kata anggota komisioner KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jakarta, Senin (06/05/2013).

Menurut Arief, sejauh ini KPU menemukan banyak yang belum memenuhi syarat. Hanya saja, dirinya menyampaikan belum bisa menentukan angka pastinya, tapi ada beberapa catatan misalnya, beberapa pernyataan sebagaimana diminta dalam formulir BB1-BB11 beberapa kandidat memang belum memenuhi sarat ada yang kurang dua ada yang kurang tiga formulir.

"KPU juga menemukan ada beberapa persyaratan yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, misalnyua di UU itu ditentukan bahwa kandidat terdatfar sebagai pemlih, ternyata yang mereka lampirkan kepada kita itu kartu pemilih pemilukada. Padahal yang dimaksud adalah mereka terdaftar sebagai pemilih untuk pemilu 2014. Nah karena DPT belum keluar maka diminta keterangan bahwa ybs sudah mendaftar. Nah itu beberapa belum sesuai," bebernya.

Kemudian, kata dia, ada juga temuan kandidat yang mencalonkan di lebih dari satu daerah pilihan (Dapil) atau dicalonkan oleh lebih dari satu parpol. Ia menyampaikan, bedasarkan informasi terakhir terdapat 25 kandidat.

"Tapi kan nanti kita lakukan pencermatan, ya itu ganda dikarenakan beberapa sebab bisa dikarenakan lebih dari satu partai, bisa lebih dari satu dapil, bisa juga lebih dari satu lembaga perwakilan. Misalnya sudah dicalonkan di DPRD kabupaten, tapi dicalonkan juga di DPRD Provinsi, ada juga yang di dprd propinsi atau DPD. Jadi variasainya banyak," jelasnya.

Untuk itu, Arief menegaskan setelah menggelar pleno hari ini KPU akan mengumumkan sesuai ketetapan yang dibuat dalam Peraturan KPU (PKPU) dengan mekanisme yang direncanakan akan mengundang 12 parpol.

"Sementara ini kita rencakan parpol kita undang, jadi 12 parpol itu kita undang lalu akan kita serahkan hasil verifikasi kita," tandasnya.

 

Oleh: Luki Junizar - Editor: Masruroh

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING