Jumat, 21 Nov 2014 - 17.14 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Serikat Pekerja BUMN Minta Dahlan Hapus Outsourcing

Senin, 04 Mar 2013 - 16.40 WIB

dahlan iskan 1

Dahlan Iskan. Foto: Centroone.com/Suryanto

Jakarta - Lima serikat pekerja dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta Menteri BUMN Dahlan Iskan agar menyurati perusahaan BUMN terkait penghapusan pekerja outsourcing. Lima serikat pekerja tersebut terdiri dari perusahaan, PT ASDP Indonesia Ferry, PT PLN, PT Pertamina, PT Telkom, dan PT Merpati Nusantara Airline.

Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja PT Perusahaan Luar Negeri (PLN/Persero) Rianto Timbul mengatakan, saat ini ada 72 ribu karyawan di perusahaan PLN dan anak usaha PLN yang masih di outsourcing. Padahal, pemerintah sudah menetapkan hanya ada lima pekerjaan yang boleh di outsourcing.

"Masih banyak yang outsourcing dan bahkan ada yang dikontrak bertahun-tahun. Yang paling banyak di outsourcingkan di PLN tenaga penyambungan kabel, pemutusan listrik dan lainnya. Seharusnya ini tidak boleh di outsourcingkan, ini melanggar peraturan," ujar Rianto di Jakarta, Senin (4/3/2013).

Kemudian, karyawan PT Graha Sana Duta (GSD) yang merupakan anak usaha PT Telkom dan karyawannya tergabung dalam Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia), juga meminta penghapusan outsourcing.

"Pekerjaan yang tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah harus diangkat karyawan. Jangan dioutsourcing terus menerus," ujar Presiden Aspek Indonesia Jaya Santosa.

Jaya juga meminta perusahaan memberikan upah yang layak sesuai dengan ketentuan Upah Minimun Provinsi (UMP) DKI Jakarta sebesar Rp 2,2 juta per bulan.

"Banyak pekerja selama belasan tahun di bawah UMP dan upah lemburnya tidak sesuai dengan UU 13/2003 serta Kepmenakertrans No.102 tahun 2004," pungkasnya.

 

Oleh: Fajar Sudrajat - Editor: Masruroh

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING