Jumat, 19 Des 2014 - 03.53 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Mengintip Kans Karsa di Pilgub Jatim

Selasa, 12 Peb 2013 - 14.05 WIB

karsa 9

Pasangan Karsa. Foto: Centroone.com/Suryanto

Surabaya - Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim bakal dilaksanakan Agustus 2013. Namun layaknya gaung pesta demokrasi, biasanya sebelum pelaksanaan gaung tersebut sudah terlihat. Berbeda dengan pesta demokrasi Jatim kali ini, gaungnya tak terasa.

Pada 2008 lalu, setahun lebih sebelum Pilgub digelar, sudah bermunculan nama-nama bakal calon atau calon untuk mensosialisasikan identitas, program atau visi dan misinya. Bahkan ada yang melaksanakan ‘kampanye’ itu sebelum jadwalnya ditetapkan. Gaung itu sangat terasa.

Saat ini, tujuh bulan jelang Pilgub 2013, justru terasa adem ayem saja. Pasangan yang muncul pun belum ada. Hanya nama-nama perorangan yang diramaikan media. Jika yang muncul adalah nama pasangan Soekarwo (Pakde Karwo) dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang saat ini masih menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur, itu adalah hal wajar. Bisa saja pasangan incumbent itu maju untuk berpasangan lagi.

Wacana yang beredar di masyarakat, Gus Ipul sempat dikabarkan ingin maju sendiri. Sekarang kabar itu pun ditepis dan pasangan yang dikenal dengan sebutan Karsa itu akan melanjutkan Karsa jilid II. Namun kepastiannya juga belum bisa dibenarkan. Hanya saja pada Sabtu (9/2/2013) pasangan ini sempat memeringati empat tahun kebersamaannya. Akankah itu berlanjut?

Nama lain yang muncul adalah Khofifah Indar Parawansa, dan ini digadangkan berpasangan dengan Bambang DH yang akan diusung PDI Perjuangan. Sempat juga muncul nama La Nyalla Mattaliti. Namun nama terakhir ini akan siap bertarung di Pilgub jika pasangan Karsa pecah atau maju sendiri-sendiri.

Saat ini mendekati panasnya suhu politik di Jatim, justru sepi peminat Pilgub Jatim. Hanya Karsa yang sudah dikenal masyarakat. Dan jika pasangan ini maju, tentu sangat diuntungkan. Apalagi pasangan ini sudah menggaungkan keberhasilan programnya jauh-jauh hari.

Dikatakan pengajar Ilmu Politik Universitas Yudharta Pasuruan Eddy Marzuki S.Sos, pasangan yang bakal meramaikan Pilgub Jatim pasti akan bermunculan. Saat ini beberapa partai sudah menata pasangan mana yang cocok untuk diusungnya.

“Tentunya partai yang mengusung pasangannya, akan memanfaatkan sisa waktu tersebut untuk mensosialisasikan tokoh yang diusungnya. Memang, Karsa lah yang masih menonjol di Jatim,” tukas Eddy, Selasa (12/02/2013).

Eddy sendiri belum bisa membenarkan seratus persen apakah Pakde Karwo tetap bergandengan dengan Gus Ipul. Nyatanya, deklarasi pasangan itu untuk maju, belum dilaksanakan. Upaya menggandeng partai koalisi pun tak jarang dilakukan Pakde Karwo seorang diri.

“Karsa ini diuntungkan karena ini pasangan incumbent. Ibaratnya, jika melakukan kampanye terselubung pun, pasangan ini sangat bisa dan dimungkinkan. Mereka bisa menjalankan sosialisasinya ke daerah-daerah di Jatim dengan dalih program kerja gubernuran. Jadi mereka yang paling bisa menyapa masyarakat Jatim sepenuhnya,” tukas Eddy.

Bagi Eddy, Pilgub Jatim dengan Pilbup atau Pilwali sangat berbeda. Lingkup atau area kawasan yang disapa sangat luas. Berbeda dengan Pilbup dan Pilwali yang wilayahnya sangat kecil. Dengan sisa waktu tujuh bulan, sangat bisa untuk mengenalkan nama pasangan itu ke warganya. Namun untuk Jatim yang sangat luas, waktu tujuh bulan itu sangatlah singkat.

Eddy juga yakin, jika mesin politik partai lain terlambat mengenalkan pasangannya ke masyarakat, tak menutup kemungkinan Karsa bakal memimpin Jatim untuk kedua kalinya.

“Ini yang seharusnya diperhatikan partai politik yang siap mengusung pasangannya untuk bertarung dengan Karsa. Jangan hanya berkoar kalau kadernya solid, tapi terlambat mengenalkan calon yang diusungnya, bisa rugi sendiri,” timpal Eddy.

 

Oleh: Windhi Ariesman - Editor: Masruroh

 

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING