Rabu, 01 Okt 2014 - 15.12 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Kali Lamong Ditangani Pemerintah Pusat

Senin, 28 Jan 2013 - 18.06 WIB

kali lamong

Kali Lamong yang meluap. (Ist)

Surabaya - Kali Lamong yang beberaa waktu lalu airnya meluber dari badan sungai hingga membanjiri pemukiman warga di Kecamatan Pakal, akan ditangani pemerintah pusat. Melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, anggaran penanganannya sebesar Rp21 miliar.

Disampaikan Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Sachiroel Alim Anwar, Senin (28/01/2013), seluruh penataan sungai Kali Lamong memang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Sementara Pemkot Surabaya hanya kebagian membantu kelancaran penataan itu, salah satunya dengan membebaskan lahan di sekitar lokasi.

Sungai atau Kali Lamong itu berada di wilayah Mojokerto, Gresik dan Surabaya. Di Surabaya, panjang sungai itu mencapai 14,5 kilometer.

“Untuk Surabaya berkewajiban membebaskan lahan 1,7 hektare. Lahan itu berdiri di sepanjang strenkali tersebut. Nampaknya ini yang menjadi kendala karena ada warga yang tak bersedia melepas lahannya,” ungkap Alim.

Alim juga menjelaskan, anggaran pemkot untuk menangani masalah banjir di kawasan itu, hanya diperuntukan bagi saluran Gelora Bung Tomo dan peninggian jalan di kawasan tersebut. Untuk anggaran pengerukan Kali Lamong, Surabaya tak melakukan penganggarannya karena khawatir ada penumpukan anggaran. Jika itu dipaksakan, maka penganggarannya akan bermasalah dengan hukum.

BBWS sangat berharap wakil rakyat turun tangan untuk melakukan sosialisasi ke warga atau kantong massa partai. Tujuannya untuk memberikan penyadaran kepada warga. Saat ini, di kawasan itu ada sudetan dari kampung warga yang menuju Kali Lamong, sementara BBWS minta sudetan itu ditutup agar banjir warga bisa ditangani.

 

Oleh: Windhi Ariesman - Editor: Masruroh

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING