Rabu, 20 Agu 2014 - 21.35 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

LPPNPI Terbentuk, Indonesia Siap Ambil Alih Navigasi

Kamis, 17 Jan 2013 - 00.42 WIB

8 main2 30 main2 News Update 1 60

Jakarta-Kementerian Perhubungan menyebutkan terbentuknya Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengambil alih pengelolaan navigasi udara di wilayah Flight Information Region (FIR) Batam yang sampai saat ini masih dikelola pemerintah Singapura.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S Gumay mengatakan, selain LPPNPI, pembangunan Jakarta Automated Air Traffic Control Systems II (JAATS II) juga merupakan persiapan untuk pembahasan di International Civil Aviation Organization (ICAO) agar radar yang di Batam bisa diambil alih.

"LPPNPI saja baru berdiri. Kita harus menunjukkan kemampuan kita dulu. Masalahnya keselamatan penerbangan yang nilai itu ICAO, Makanya kita harus persiapkan diri dulu, infrastrukturnya, prosedurnya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperbaiki," kata Herry di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Herry menuturkan meskipun pengelolaan navigasi di Batam dikelola oleh Singapura, tetapi untuk charge pesawat lewat dan pendapatan diberikan kepada Indonesia.

Sementara itu, Direktur utama LPPNPI Ichwanul Idrus mengatakan, pengambilan alih navigasi di Batam sudah tertuang di dalam UU Nomor 1 Tahun 2009 bahwa pengambil alihan navigasi tersebut paling lambat 15 tahun setelah diundangkan. "Jadi ketika 2009 terhitung diundangkan maka di 2024 sudah diambil alih," ucapnya.

Ichwanul menjelaskan, untuk pengambil alihan navigasi di Batam pihaknya akan mengajukan proposal dalam rapat ICAO, kemudian untuk membahas dan persetujuan dilakukan 10 tahun kemudian.

"Kita masukkan proposal tahun ini atau tahun depan rapat ICAO, kemudian 10 tahun lagi dibahas. Jadi jaraknya 10 tahun," pungkasnya.

oleh:Fajar S-editor:YL.antamaputra

 

Komentar

rifki singgih

17 Jan 2013 - 14:09 (2 years ago)

rifki singgih/20 tahun/mahasiswa/tangerang selatan/SHM/bagus

imam taufik bur

17 Jan 2013 - 03:26 (2 years ago)

imam taufik bur/21/mahasiswa/bandung/SHM/yang penting tidak adanya kerugian yang diakibatkan oleh ini.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING