Dana Keamanan Pilgub Jatim Kurang

Wednesday, 16 Jan 2013 - 17.53 WIB
newsupdate21

Surabaya- Keberadaan Bakesbangpol Linmas Surabaya sangat dibutuhkan saat pelaksanaan Pilgub di Surabaya. KPU Kota Surabaya berharap, Pemkot Surabaya mengerahkan petugas Bakesbangpol Linmas untuk pengamanan Pilgub secara keseluruhan di titik-titik yang ada. Namun permintaan itu sedikit muluk, pasalnya, anggaran pengamanan Pilgub Jatim dari Pemprov Jatim itu hanya cukup untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saja.

Padahal, KPU Surabaya meminta pengamanannya dari TPS, kelurahan, kecamatan sampai ke kantor KPU Surabaya. “Yang kita butuhkan adalah pengamanan di semua lini, baik di TPS, kelurahan, kecamatan sampai kantor KPU Surabaya. Ini dibutuhkan sejak Pilgub Jatim, Pileg dan Pilpres. Kita berharap, Pemkot Surabaya memenuhi hal itu sehingga KPU tak perlu was-was soal pengamanan saat

Pemilu,” tandas Ketua KPU Surabaya Eko Sasmito yang juga meminta pemkot menanggung seluruh anggaran pengamanan tersebut.

Tak hanya pengamanan saja, terkait tenaga bantuan untuk kesekretariatan juga dibutuhkan KPU Surabaya. Seperti pada Pemilu sebelumnya, KPU selalu dibantu tenaga PNS untuk mengisi kekosongan

personel di sekretariat KPU. Sementara, terkait anggaran Pilgub yang kurang, diakui Kepala Bakesbangpol Linmas Surabaya Soemarno. Menurut dia, Pemprov Jatim dalam Pilgub Jatim 2013 memberikan anggaran untuk tiap TPS bagi dua orang petugas Linmas sebesar Rp200 ribu per orang. “Yang dialokasikan hanya yang di TPS. Untuk petugas di kelurahan, kecamatan dan kantor KPU, tak ada anggarannya. Tentunya, anggaran itu akan dibebankan pada pihak kelurahan dan kecamatan masing-masing,” ujar Soemarno.

Untuk kebutuhan Pilgub Jatim 2013 dibutuhkan 14 ribu petugas Linmas. Penyediaan anggaran untuk dua orang Linmas di tiap TPS, sudah sesuai aturan yang ada. Untuk pengamanan petugas di kantor kelurahan 10 orang, kecamatan 31 orang dan di pemkot 100 personil, anggarannya disiapkan masing-masing Linmas kecamatan dan kelurahan.

Oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/news/2013/01/3y/dana-keamanan-pilgub-jatim-kurang/