Selasa, 16 Sep 2014 - 16.19 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

HUT Bhayangkara, Polisi Berbagi Dan Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Minggu, 01 Jul 2012 - 18.05 WIB

01 KP3

Salah satu bagian simulasi di Polres Pelabuhan Tanjung Perak. foto:Aang/CentroOne

Surabaya – Jajaran Polres di wilayah Polrestabes Surabaya punya cara berbeda menyambut HUT Bhayangkara ke 66. Seperti yang dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Tidak hanya upacara, Polres Pelabuhan Tanjung Perak juga menggelar berbagai macam lomba yang diikuti oleh banyak lapisan masyarakat di sekitar Polres.

Dalam acara itu, Pembantu Rumah Tangga (PRT) dan satpam di lingkungan Perak diadu kecerdasannya dalam cerdas cermat. Lomba yang diikuti 75 peserta itu diharapkan bisa memunculkan kepekaan pembantu rumah tangga, satpam dan Linmas, terhadap perilaku-perilaku tindak kejahatan.

Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan dalam lomba tersebut berkisar pada upaya-upaya tindakan kejahatan. Seperti ciri-ciri penjahat yang menyamar sebagai saudara, perilaku tamu-tamu tak dikenal, tugas dan fungsi pembantu rumah tangga dan satpam, serta pertanyaan lainnya.

Meskipun lama bekerja ke satu orang majikan, ternyata tidak semua PRT hafal nomor telepon majikannya. Hal tersebut terbukti ketika ditanya siapa peserta yang hafal nomor ponsel majikannya ternyata hanya sedikit yang hafal. "Pembantu rumah tangga dan satpam, adalah pengamanan pertama di rumah, karena itu mereka juga harus dibekali pengetahuan tentang kriminalitas," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Anom Wibowo, Minggu (01/07).

Selain lomba tersebut, juga digelar simulasi perampokan rumah milik Kapolres Perak. Dalam simulasi itu, komplotan bandit menyatroni sebuah rumah mewah masuk kawasan Polres Tanjung Perak. Dalam aksinya pelaku sebanyak 4 orang ini, menyekap seorang satpam

perumahan dan pembantu rumah tangga. Untuk bisa masuk ke perumahan, komplotan pelaku ini menyamar sebagai petugas medis, yang akan menjemput seorang pasien dengan membawa ambulan.

"Tujuan dalam simulasi ini, kami ingin menunjukan kesiapan kami dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," jelas Anom. Kapolres juga menambahkan agar masyarakat tidak segan-segan melapor jika merasa diwilayahnya ada hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban.

Sementara itu, Polrestabes Surabaya merayakan HUT Bhayangkara, di Lapangan PJKA Tambaksari Surabaya bersama warga sekitar. Dalam kesempatan itu, Polrestabes bagi-bagi hadiah terhadap anggota-anggota yang berprestasi. Seperti Aiptu Romli, Banit Reskrim Polsek Tegalsari, yang sejak Juni 2011 hingga Juni 2012, yang menyelesaikan berkas P21 sebanyak 42 berkas, Aiptu Sartono, Banit ReskrimSimokerto dan Aiptu Sumarsono, Reskrim Tambaksari, yang menyelesaikan 39 berkas P21.

Selain itu juga terdapat warga sipil asal Rungkut, Abdul Cakim yang berhasil mengungkap pelaku kejadian curanmor. Empat orang tersebut, mendapat hadiah berupa liburan ke Bali, selama tiga hari bersama keluarga. "Ini hadiah untuk anggota-anggota yang berprestasi," kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Tri Maryanto.

Selain itu Polrestabes juga memberikan hadiah-hadiah pada masyarakat yang turut serta dalam lomba-lomba, seperti panjat pinang, lomba makan krupuk, tarik tambang dan lomba rakyat lainnya.

 

Oleh: Anggraenny P-editor:YL.antama.putra

 

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING