Selasa, 23 Des 2014 - 01.22 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Wartawan: TNI Harus Belajar Kode Etik Jurnalistik

Kamis, 22 Nov 2012 - 16.53 WIB

demo wartawan

Aksi para jurnalis Surabaya. Foto: CentroOne.com / Suryanto

Surabaya- Tindakan pemukulan terhadap salah seorang fotografer Palembang Express, Kris Samiaji sehari yang lalu saat melakukan peliputan demo sengketa tanah oleh pihak TNI AU mendapat reaksi keras dari rekan jurnalis Surabaya.  

Salah seorang rekan Jurnalis sekaligus koordinator aksi, Johanes Totok wartawan SS.net menyatakan bahwa TNI perlu diberi pelatihan seputar kode etik Jurnalistik yang menjadi dasar dalam melakukan pekerjaan jurnalistik.  

"Kami dan beberapa rekan media telah berkelakar agar pihak TNI khususnya mendapatkan pelatihan seputar kode etik jurnalistik. Karena, hingga saat ini mereka (TNI) belum paham akan profesi jurnalis di lapangan," katanya, seusai melakukan aksi didepan Gedung Istana Grahadi, Kamis (22/11/2012).  

Pemahaman TNI, diakui Totok hanya sebatas main Kepruk, main Pukul dan main banting. Tindakan represif TNI kali ini, tidak kali pertama dilakukan kepada insan pers beberapa waktu lalu, TNi juga sempat melakukan pemukulan terhadap rekan media di Riau.

"Pelanggaran terhadap insan pers itu sama saja dengan penghalang-halangan informasi terhadap masyarakat," imbuhnya.  

Peristiwa sebelumnya, lanjutnya, TNI menganggap bahwa rekan media tidak menunjukan identitas. Kejadian kali ini, kata dia, rekan media di Palembang telah menunjukan Identitas. Maka, yang dapat diambil sebagai kesimpulan ialah TNI memang belum cukup paham akan profesi dan kinerja rekan media di lapangan.

"Kita dan rekan media yang lain bersepakat mengundang untuk memberikan pelatihan dan pengertian kepada teman-teman TNI agar tahu tentang kode etik jurnalistik dan profesi kita dilapangan," tutup totok. 

Oleh: Made Ardhiangga - Editor: Vivi Irmawati

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING