Kamis, 23 Okt 2014 - 21.25 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

DPP PKBIB Susul PKB Lolos Verifikasi Faktual KPU

Senin, 05 Nov 2012 - 17.40 WIB

pkbib

Yenny Wahid

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) telah memenuhi verifikasi faktual kepengurusan pusat. Partai pimpinan Yenny Wahid itu mampu menunjukkan bukti-bukti persyaratan yang ditetapkan lembaga penyelenggara pemilu.

"PKBIB sudah dinyatakan lolos verifikasi administratif dan saat ini kami cek secara riil melalui verifikasi faktual, seperti susunan pengurus, keterwakilan 30 persen perempuan dan domisili kantor, ternyata semuanya sesuai," kata Sekjen KPU Suripto Bambang Setyadi di Kantor DPN PKBIB, Jakarta, Senin (5/11/2012).

Dari sisi kepengurusan, katanya, ada beberapa anggota PKBIB yang tidak hadir pada verifikasi faktual, namun sudah dibuktikan dengan adanya surat tugas yang menyatakan pengurus bersangkutan berhalangan hadir.

Sementara dari sisi keterwakilan perempuan PKBIB sudah memenuhi kuota 30 persen kepengurusan perempuan layaknya yang dipersyaratkan. Alamat kantor pusat PKBIB juga dinyatakan sesuai dengan yang dicantumkan saat verifikasi administrasi.

"Kami cek dokumen kantor perjanjian kepemilikan kantor sampai 2015, berarti itu sudah melampaui, karena dalam aturan disebutkan kepemilikan kantor minimal sampai tahapan pemilu berakhir yakni Oktober 2014, atau sampai sumpah janji anggota DPR, DPD dan DPRD," ujar dia.

Dia mengatakan nantinya hasil verifikasi faktual akan disampaikan kepada Komisioner KPU, untuk selanjutnya disahkan dalam berita acara yang akan dikembalikan ke pengurus partai bersangkutan.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum DPN PKBIB Yenny Wahid membenarkan bahwa partainya dinyatakan lolos verifikasi faktual di tingkat kepengurusan pusat.

"Insya-Allah berjalan lancar. Memang ada beberapa pengurus kami yang tidak bisa datang tetapi semua ada surat penugasannya misalnya Ketua Umum Dewan Syuro kami sedang naik haji, dan Sekretaris Dewan Syuro yang sedang bertugas sebagai duta besar di Argentina," papar mantan politisi PKB ini.

Mengenai kepengurusan perempuan, Yenny mengatakan dari total 46 pengurus pusat, 30 persen di antaranya sudah dibuktikan merupakan wanita, sedangkan urusan gedung juga tidak ada masalah berarti. (ant)

Editor: Raden Trimutia Hatta

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING