Karyawan Carefour Demo, Tuntut Perbaikan Sistem Kerja

Kamis, 01 Nov 2012 - 14.10 WIB
CAREFOUR

Suasana demo karyawan Carefour (Ist.)

Surabaya – Puluhan pekerja Carefour melakukan aksi di depan supermarket waralaba asal Prancis ini di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (01/11) siang. Mereka menuntut manajemen menghapus sistem kerja ‘tak manusiawi’ yang diterapkan di Carefour.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Surabaya, Dendy Prayitno mengatakan, saat ini masih ada ratusan pekerja Carrefour berstatus magang yang dipekerjakan diluar norma ketenagakerjaan yang berlaku. Mereka hanya dibayar upah makan Rp 6.500 perhari dan bekerja melebihi aturan jam kerja pegawai magang.

“Seharusnya, pekerja magang direkrut dari sekolah atau lembaga pendidikan yang ingin mencari pengalaman kerja, tapi di Carrefour, status magang juga berlaku pada pencari kerja. "Belum lagi masalah pekerja kontrak yang sistem kerjanya diberlakukan di luar kaidah yang berlaku," ucapnya pada wartawan.

Masalah perburuhan kata Dendy mulai muncul semenjak PT Carrefour Indonesia mengakuisisi PT Alfa Retailindo pada 2008 lalu. Saat itu, semua aset pusat belanja grosir Alfa dialihkan kepada Carefour, tapi tidak ikut mengalihkan status para pekerjanya.

"Akibatnya, status mereka kebanyakan terdaftar atas nama PT Alfa Retailindo meskipun sesungguhnya mereka bekerja untuk Carrefour," katanya.

Pihak manajemen sempat menerima perwakilan para buruh, namun manajemen tidak dapat mengambil keputusan strategis karena kebijakan terpusat di direksi yang ada di Jakarta. Puluhan buruh kemudian mengancam akan menduduki Carefour hingga tuntutan mereka dipenuhi.

Para buruh juga mengancam akan mengerahkan ratusan pegawai Carefour di Surabaya untuk menggelar aksi mogok massal.

 

Oleh : Rakhman Khariry – Editor : Adi Cahyo

 

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/news/2012/11/1a/karyawan-carefour-demo-tuntut-perbaikan-sistem-kerja/