Kamis, 24 Jul 2014 - 19.57 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Gunung Raung Meletus, 1.200 Warga Terancam

Rabu, 31 Okt 2012 - 11.53 WIB

raung

Aktivitas Gunung Raung yang terus meningkat. (Ist)

Bondowoso - Sedikitnya 600 kepala keluarga atau 1.200 warga di tiga desa di Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jatim, diperkirakan akan terkena dampak hembusan abu vulkanik jika Gunung Raung (3332 mdpl) meletus.

Camat Sumber Wringin M Asnawi Sabil di Bondowoso, Rabu (31/10) menjelaskan, pihaknya terus menyosialisasikan kemungkinan gunung yang terletak di perbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi dan Jember itu meletus, dan apa yang harus disiapkan serta dilakukan oleh seluruh warga.

"Kami bersama personel TNI dan Polri serta dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus berkomunkasi dengan berbagai serta dengan warga yang daerahnya kemungkinan terkena dampak jika Gunung Raung meletus. Tiga desa yang potensial terkena dampak letusan itu adalah Sumber Wringin, Rejo Agung dan Tegal Jati," ujar alumni Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo, ini.

Ia mengemukakan bahwa saat ini pihaknya sudah membagikan sekitar 300 masker penutup hidung untuk warga dan tahap berikutnya pemberian alat pelindung pernapsan tersebut akan terus dibagikan.

"Menurut keterangan yang kami peroleh dari PVMBG, kemungkinan besar Gunung Raung ini akan meletus. Akhir-akhir ini masyarakat melaporkan dalam sehari terdengar suara gemuruh di Gunung Raung sebanyak empat hingga lima kali dalam sehari," paparnya.

Menurut Sabil, meskipun demikian, hingga kini warga yang terdekat dengan gunung tersebut tetap melakukan aktivitas seperti biasa sebagai petani.

Demikian juga dengan masyarakat di Kota Kecamatan Sumber Wringin yang aktivitasnya tetap berjalan normal. Kegiatan pendidikan dan aktivitas perdagangan di wilayah atas Kabupaten Bondowoso itu juga tetap berjalan normal.

"Meskipun sudah ada peringatan bahwa kemungkinan Gunung Raung akan meletus, tapi kami tetap bekerja sebagaimana biasa. Baru kalau memang betul meletus kami akan mengungsi," kata Sutarno, warga Sumber Wringin. (Ant)

 

Editor: Masruroh

 

Komentar

Neri Aini

08 Nov 2012 - 11:48 (2 years ago)

Neri Aini/26/Karyawati/Bogor/David Foster & Friends/ evakuasi secepatnya. warga harus dipaksa

joeza

04 Nov 2012 - 07:25 (2 years ago)

Joeza/21/Mahasiswa/Jakarta/David Foster/ wuihh gunung yang masih aktif di indonesia itu banyak ya jadi memang harus waspada

Putri Mayangsari

01 Nov 2012 - 15:42 (2 years ago)

Putri Mayangsari/23/Karyawan swasta/Bekasi/David Foster/smoga keadaan dsna bisa terkendali dan tidak ada korban jiwa, amin

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING