Ahok Ladeni Demo Buruh Minta Upah DKI Naik

Rabu, 24 Okt 2012 - 13.09 WIB
Ahok alv5

Ahok. Foto: Alvin/CentroOne.com

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menemui para buruh yang beraksi meminta kenaikan upah DKI pada 2013 mendatang sebesar Rp 2.799.000. Bahkan, Basuki sempat menaiki mobil komando para demonstrans, untuk meminta kepada para demonstrans bertemu dengannya di kompleks Balai Kota, yakni Balai Agung.

"Saya minta 20 sampai 25 untuk masuk agar bisa diskusi angka demi angka," ujar Basuki di depan Balai Kota Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2012).

Para pendemo meminta kepala dinas tenaga kerja DKI untuk tidak ikut serta dalam pertemuan tersebut. Sebab menurut demonstran, letak masalah terdapat di Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta Dedet Sukandar, dan demonstran berharap dia dipecat.

"Saya justru mau tarik kepala dinasnya, dan memberikan bukti-bukti di depan kepala dinas. Kalau tidak mau bertobat ya kita pecat," tegas Basuki.

Sekitar ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendatangi kompleks Balai Kota Jl Medan Merdeka Selatan, melakukan aksi unjuk rasa menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta 2013 mendatang sekitar Rp 2.799.000.

Bagi mereka, nominal tuntutan UMP tersebut sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, selain pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini merupakan tertinggi ke tiga di dunia, dibawah Cina dan India. Kemudian, Indonesia juga masuk dalam keanggotaan G-20, karena volume Indonesia terbesar ke 16 di dunia.

Selain KPSI, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) juga menuntut Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk menghapus sistem outsourching di DKI, bahkan dalam ancamannya SPSI ingin melakukan mogok nasional.

Reporter: Dominicus Alvin - Editor: Raden Trimutia Hatta

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/news/2012/10/4m/ahok-ladeni-demo-buruh-minta-upah-dki-naik/