Senin, 20 Okt 2014 - 15.04 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

E-KTP Harus Perbaiki Kisruh DPT di Pemilu 2014

Sabtu, 13 Okt 2012 - 21.02 WIB

pilkada Surat Suara 110912 2

Foto: Antara

Jakarta - Pengamat politi LIPI Siti Zuhro menilai, kisruh daftar pemilih tetap (DPT) sudah dapat diatasi dengan kehadiran sistem KTP elektronik atau E-KTP. Menurutnya, kehadiran E-KTP dapat menyelesaikan kisruh DPT saat pemilu 2014 nanti.

Apalagi, kata Siti, proyek E-KTP sudah selesai pada tahun 2012 ini. "Seharusnya mampu menyelesaikan masalah DPT di tiap pemilu," ucapnya di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (13/10/2012).

Menurutnya, KPU sudah dapat memanfaatkan kecanggihan itu untuk mengurangi masalah kisruh DPT yang bisa terjadi saat pemilu. Baik pemilu di daerah ataupun pemilu nasional.

Kemendagri, kata Siti, juga seharunya sudah melakukan pembaharuan data terhadap jumlah penduduk di masing-masaing provinsi melalui E-KTP tersebut. Sehingga penggunakan E-KTP dapat meminimalisir adanya penyimpangan data.

"Dengan kata lain semakin kecil adanya penyimpangan data. Dengan selesainya E-KTP berarti ada pemuktahiran data," tandasnya.

Berbeda dengan Siti, Anggota KPU Sigit Pamungkas pesimis jika kehadiran E-KTP dapat menyelasaikan masalah DPT di tiap pesta demokrasi. Sigit mengklaim, jika KPU telah memiliki inovasi untuk menghindari kisruh DPT untuk Pemilu 2014.

"Kita sudah punya sistemnya untuk membereskan masalah dan penyusunan DPT. KPU akan sendiri telah membuat sistem yang akan mengatur penyusunan DPT untuk 2014 nanti," ungkapnya.

Reporter: Rangga Tranggana - Editor: Raden Trimutia Hatta

Komentar

Thoriq Arridlwan

15 Oct 2012 - 08:04 (2 years ago)

Thoriq Arridlwan/20/Mahasiswa/Cijantung/ pilpres 2014 kinerja kpu harus lebih baik!

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING