Selasa, 21 Okt 2014 - 20.29 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Surabaya Harus Jadi Kota Peduli Lansia

Jumat, 05 Okt 2012 - 20.15 WIB

thumbnail centroone baru5

Surabaya - Pemkot Surabaya benar-benar menggenjot agar bisa meraih berbagai prestasi. Kali ini, Pemkot Surabaya memiliki obsesi untuk menjadikan Surabaya sebagai Kota Layak Lansia (Lanjut Usia). Di APBD 2012, Pemkot Surabaya sudah memiliki anggaran untuk gizi tambahan bagi Lansia.

Hal ini diakui Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono jika Surabaya sudah menunjukan kepedulian sosialnya terhadap Lansia. Saat ini, kepedulian itu masih bertahap. Tiap tahun anggaran, telah dilakukan perbaikan untuk menumbuhkan kepedulian tersebut.

“Program yang sudah dianggarkan dalam APBD itu adalah pemberian makanan tambahan bagi Lansia, pelayanan kesehatan Lansia, sampai kepentingan refreshing seperti rekreasi untuk Lansia juga dijalankan pemkot. Hal ini masih tahap awal, nantinya, layanan untuk Lansia ini akan ditambah, seperti memberi fasilitas khusus saat berobat di rumah sakit pemerintah. Sehingga pelayanan terhadap Lansia ini dikhususkan dan biar cepat penanganannya,” jelas Baktiono.

Pemberian program ini juga bukan sekadar usulan pemerintah, tapi dijalankan berdasarkan usulan atau sharing terhadap para Lansia di Surabaya. Lansia itu juga menginginkan program diskusi untuk mengisi pembangunan ini.

“Bagi dewan, Surabaya tak sekadar Kota Layak Lansia, tapi jadi Kota Peduli Lansia. Program untuk Lansia sudah dijalankan dan itu layak disebut peduli Lansia. Program Surabaya Peduli Lansia itu akan diatur dalam Perda. Sebelum dibahas di dewan, saat ini masih dilakukan kajian akademis dari UI dan Ubaya. Nantinya, Surabaya tak saja mengcover Lansia menengah ke bawah, tapi seluruh Lansia di kota ini,” tambah Baktiono.  

Oleh: Windhi Ariesman - Editor: Vivi Irmawati

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING