Training Center Pilot, Lion Air Rogoh US$ 7 Juta

Senin, 17 Sep 2012 - 09.09 WIB
Pilot1

Ilustrasi

Jakarta - PT Lion Mentari Airlines, operator maskapai Lion Air menyiapkan investasi US$ 7 juta untuk membangun training center khusus pilot di wilayah Jawa Barat. Pembangunan tersebut dilakukan Lion Air untuk memenuhi kebutuhan pilot seiring bertambahnya armada.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan, pembangunan training center yang berlokasi di Jawa Barat tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2013. Namun dirinya belum bisa mengatakan lokasi pasti pembangunan tersebut.

"Kita sudah beli tanah seluas 46 hektar di daerah Jawa Barat. Untuk investasi tahap awal sekitar US$ 7 juta. Nantinya pesawat kita sebanyak 413 unit, pembangunan ini merupakan upaya kita untuk memenuhi kebutuhan pilot seiring bertambahnya armada," kata Edward di Jakarta, Senin (17/9/2012).

Edward menjelaskan, training center tersebut nantinya akan dilengkapi dengan runway serta aerodrom. Kemudian training center tersebut dibuat khusus untuk pelatihan dan pendidikan pilot Lion Air.

"Dipilihnya lokasi tersebut karena di lokasi ini terdapat gunung, sungai, dan traffic penerbangan yang cocok untuk pelatihan pilot. Diharapkan tahun depan training center ini sudah jadi," jelasnya.

Edward menambahkan, Lion Air juga sedang melakukan pemesanan 35 pesawat Cesna untuk menunjang fasilitas training center tersebut. Saat ini Lion Air baru mengoperasikan 6 pesawat Cesna untuk melatih para calon pilot.

"Saat ini sekolah penerbangan milik Lion Air hanya mampu meluluskan 40 pilot setiap tahunnya. Seiring dengan bertambahnya armada, ke depannya Lion Air menargetkan dapat meluluskan 200 pilot setiap tahunnya," tutupnya.

Reporter: Fajar Sudrajat - Editor: Shinta Sinaga

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/news/2012/09/3ss/training-center-pilot-lion-air-rogoh-us-7-juta/