Jumat, 26 Des 2014 - 04.12 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

TNI AL Sapu Ranjau di Perairan Morotai

Selasa, 24 Jul 2012 - 18.52 WIB

kapal laut

Jakarta - TNI Angkatan Laut (TNI) akan melaksanakan kegiatan penyapuan ranjau di perairan Morotai. Operasi dilakukan Satuan Kapal Penyapu Ranjau Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmartim) Surabaya dalam rangka persiapan Sail Morotai 2012.

"Penyapuan ranjau tersebut diperlukan karena wilayah Morotai merupakan salah satu lokasi pertempuran pada akhir Perang Dunia II," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Untung Suropati di Jakarta, Selasa (24/7/2012).

Di wilayah perairan Morotai, lanjut dia, banyak sisa-sisa alat perang seperti bangkai kapal dan lainnya. Faktor sejarah ini pula yang diharapkan ikut mendongkrak daya tarik Sail Morotai pada September 2012 mendatang.

Tak hanya itu, TNI Angkatan Laut telah membentuk tim khusus untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Sail Morotai 2012. Tim yang dibentuk Staf Operasi Angkatan Laut (Sopsal) tersebut bertugas melakukan kegiatan inspeksi lapangan, operasi survei, dan pemetaan hidro-oseanografi di perairan Morotai, Maluku Utara.

Kadispenal mengatakan, pelaksanaan inspeksi tersebut sekaligus untuk meninjau kesiapan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Morotai dalam rangka melaksanakan dan mendukung Sail Morotai tahun 2012.

Untung menambahkan, TNI AL juga melakukan kegiatan penyempurnaan rencana Sailing Pass dan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait lain untuk kesuksesan acara, seperti dengan melaksanakan rapat akbar pelaksanaan Sail beserta perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemko Kesra) dan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sail Morotai sendiri akan diselenggarakan di Ternate dan Morotai, Provinsi Maluku Utara pada Juni hingga September 2012 dengan puncak acara yang dilaksanakan di Pelabuhan Daruba Morotai pada tanggal 14 September 2012.

Itu merupakan lanjutan dari tiga kegiatan sail sebelumnya yakni, Sail Bunaken (2009), Sail Banda (2010), dan Sail Wakatobi-Belitong (2011).

Editor: Raden Trimutia Hatta

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING