Sabtu, 25 Okt 2014 - 04.18 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Pemkot Sembunyikan Data Warga Miskin

Minggu, 10 Jun 2012 - 00.45 WIB

9 55299033558d7119bdaf

ilustrasi. ist

Surabaya – Jumlah penduduk miskin di kota Pahlawan, menurut Komisi D DPRD Surabaya, diperkirakan semakin bertambah. Namun seberapa besar peningkatannya tidak diketahui secara pasti. Pasalnya, Pemkot Kota Surabaya tidak mengungkapkan data pasti mengenai jumlah rakyat miskin di kota Surabaya.

Selama ini, untuk pelaksanaan pembagian jatah beras untuk warga miskin saja masih menggunakan data 2010 hasil survei BPS Jatim. Pemkot sendiri sebenarnya memiliki data rakyat miskin, yang dikeluarkan oleh Bapemas KB Surabaya. Sementara untuk pembagian jatah beras, tetap data BPS yang jadi patokan.

Pemkot juga mengklaim jika warga miskin di kota ini turun, itu tertuang dalam laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) wali kota Surabaya, beberapa waktu lalu. “Sayangnya, kita minta data validnya, pemkot selalu saja berkilah. Alasannya data belum ditangan. Padahal untuk 2012 ini, pembagian jatah beras untuk warga miskin, masih menggunakan data 2010. Pada pertengahan tahun, baru akan menggunakan data 2011,” kata anggota Komisi D Masduki Toha.

Ketua Komisi D Baktiono menilai, data warga miskin Surabaya jelas naik. Menurut dia, Kelurahan Wonokusumo yang besar itu, paling banyak memiliki warga miskinnya. “Jika tak mau mengeluarkan datanya, apakah pemkot menyembunyikan sesuatu? Tapi kita yakin, jumlah warga miskin di kota ini meningkat,” tandas Baktiono.

Sementara Kepala Bapemas KB Surabaya Antiek Sugiharti saat dimintai data warga miskin per kelurahan di Surabaya, selalu mengelak. Dihubungi via ponselnya, tidak pernah ada jawaban, apalagi melalui SMS. Bahkan saat dimintai data itu di kantornya di kawasan Nginden, Antiek selalu tak berada di kantor dengan alasan ikut rapat wali kota dan wakil wali kota.

 

Oleh:Windhi A-editor:YL.antama.putra

 

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING