Sabtu, 01 Nov 2014 - 11.33 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Yang Muda Terjangkit HIV/AIDS

Selasa, 05 Jun 2012 - 09.04 WIB

hiv simbol

Jayapura - Penyakit HIV/AIDS di Jayapura sudah menjangkit ke remaja. Menurut data Komisi Penanggulan HIV/AIDS, tercatat 73 remaja di Kabupaten Papua mengidap penyakit yang belum ada obatnya ini.

Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Jayapura Purnomo mengatakan, dari data yang diperoleh dari bidang pengendalian masalah kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dari Januari hingga Maret 2012, sebanyak 933 orang dan di antaranya terdapat 73 remaja yang tercatat terjangkit HIV/AIDS.

"Dari data yang ada dari Dinkes Kabupaten Jayapura, 73 remaja usia sekolah telah terjangkit HIV/AIDS," kata Purnomo di Sentani, Senin 4 Juni 2012 malam.

Menurutnya, diperkirakan masih banyak lagi kalangan remaja yang ada di wilayah tersebut telah terjangkit virus atau penyakit yang belum ada obatnya itu.

"Saya kira data ini masih sedikit, dan mungkin di luar sana masih ada lagi yang belum terdata dengan baik," katanya.

Untuk itu, KPA tengah gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi ke sejumlah sekolah-sekolah yang ada di kabupaten, melalui festival Danau Sentani.

Selain itu juga pihaknya juga membuat baliho, iklan di media, pamflet serta selebaran dari KPA Papua yang langsung dibagikan ke sekolah-sekolah, termasuk sosialisasi lewat radio Kenambai Umbai milik kabupaten Jayapura.

"Kami (KPA) juga sering lakukan penyuluhan di sekolah-sekolah, terutama dimasa tahun ajaran baru kala murid/siswa sekolah sedang melakukan masa orientasi sekolah," katanya.

Untuk itu mantan Asisten II Setda Kabupaten Jayapura itu mengharapkan peran dari orang tua, pemerhati kesehatan, LSM dan media sangat penting untuk melakukan edukasi dan advokasi HIV/AIDS kepada kalangan remaja yang ada diwilayah itu.

"Kalau bisa media memberikan porsi yang lebih tentang pentingnya hidup sehat, khususnya informasi yang baik dan benar tentang HIV/AIDS kepada pembaca, penonton dan pendengar khususnya kalangan remaja," harapnya. (ant/ana)

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING