Rabu, 27 Agu 2014 - 16.02 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Penataan PKL Di Surabaya Dapat Pujian

Senin, 28 Mei 2012 - 19.01 WIB

28 Pengguntingan pita oleh

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana saat meresmikan sentra PKL Gayungan. foto:Windhi/CentroONe

 Surabaya- Penataan PKL di Surabaya mendapat pujian. Ditegaskan dua Menteri, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syarifuddin Hasan serta Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana, penataan PKL di Surabaya sudah sesuai dengan program nasional Bappenas.

Dalam penataan PKL, Pemerintah dan PKL bisa bersinergi menciptakan lingkungan usaha yang bersih, rapi, dan tertata. Bahkan jika pedagang bisa diatur maka bisa memberi kontribusi pada sektor pariwisata. Dalam melakukan penataan dan pembinaan PKL. Pemkot bisa bekerja sama dengan swasta “Kita harapkan, di Surabaya bisa semakin banyak sentra PKL yang tidak mengganggu ketertiban umum." kata Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana saat meresmikan sentra PKL Gayungan, Senin, 28 Mei 2012.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memaparkan, jumlah PKL di Surabaya tergolong banyak. Pada 2011 terdata sebanyak 13.015 pedagang yang tersebar di 489 titik. Agar pedagang lebih tertata dan keindahan kota tetap terjaga, sejak 2008 Pemkot Surabaya berkomitmen melakukan pembangunan sentra-sentra PKL dengan berlandaskan Perda 17/2003 tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima.

Hasilnya sudah bisa dirasakan. Ada 19 sentra PKL yang sudah berdiri dengan biaya APBD sebesar Rp9.213.791.159. “Keberadaan sentra PKL terbukti membawa dampak positif, yaitu mampu menampung 1.200 pedagang dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.500 orang,” kata Risma, sapaan akrab wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Risma menambahkan, peningkatan kesejahteraan ekonomi pedagang juga semakin baik dengan omzet yang meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2010 tercatat sebesar Rp733,51 juta dan meningkat menjadi Rp1,07 miliar pada 2011 atau terjadi kenaikan sebesar 45,63 persen.

 

Oleh:Windhi A-editor:YL.antama.putra

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING