all_header_1
Saturday, 19 Apr 2014 - 11.20 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Dua Rusak Berat, 3 Kapal Tua Jaga Perairan Perak

Friday, 01 Jun 2012 - 02.14 WIB

31 photomain kapal australi

Kapal Perang Australia saat berada di perairan Tanjung Perak

Surabaya- Dua dari lima unit armada kapal patroli keselamatan perairan Kantor Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak rusak berat. Kasubag Humas Kantor Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak, Marzuki, saat dikonfirmasi, Kamis(31/05) mengatakan. Satu dari dua kapal itu kerusakannya sudah mencapai 80 persen. Sedangkan satu kapal lainnya kerusakannya malah sudah 100 persen.

“Dua kapal itu tidak dapat digunakan beroperasi di laut lagi. Sementara untuk biaya memperbaikinya sudah melebihi biaya beli kapal baru,” jelasnya kepada CentroOne.com

Dengan rusaknya dua kapal milik Syahbandar itu. Praktis hanya 3 kapal saja yang difungsikan untuk patroli dengan wilayah operasi yang bertambah jauh. Yakni perairan Tanjung Perak hingga sampai Karang Jamuang.

"Sebetulnya ketiganya tidak layak berpatroli dengan wilayah seluas itu. Namun kita harus tetap mengoptimalkan kapal hasil produksi tahun 1992 dan 1998 itu,” tambahnya.

Kondisi tersebut semakin parah dengan grade kapal yang cuma kelas 3 dan 4. Padahal, untuk wilayah Kantor Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak dibutuhkan kapal-kapal patroli dengan grade 1 atau 2. Sebab untuk kapal dengan grade 3 dan 4 hanya bisa menerjang ombak setinggi 1 meter.

“Praktis jika gelombang ombak tingginya lebih dari satu meter, kita tidak berani keluar. Sebab kapal patroli kita tidak memungkinkan menerjang ombak,” katanya.

Marzuki juga menyebut, pihaknya juga telah mengajukan anggaran pemenuhan kebutuhan kapal patroli Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak kepada pemerintah. Namun sampai hari ini belum mendapat persetujuan.

“Sebab kebutuhan pemerintah yang jauh lebih penting dari kapal keselamatan perairan kan masih banyak yang belum terpenuhi. Jadi kita (Syahbandar) harus menunggu ,” pungkasnya.

Oleh:Abdurrakhman K-editor:YL.antama.putra

 

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING