Inilah Jadwal Pengumuman Kelulusan UN Jatim

Wednesday, 16 May 2012 - 14.47 WIB
Ujian Nasional SMAN 10 14

Peserta UN di SMAN 10 Surabaya. FOTo: CentroOne.com/Suryanto

Surabaya- Usai dilaksanakan Ujian Nasional (UN) hingga ujian susulan April-Mei 2012 untuk tingkat SMA, SMP dan SD di Jawa Timur, Dinas Pendidikan Jatim akan umumkan kelulusan siswa SMA 26 Mei mendatang. 

"Pengumuman kelulusan SMP digelar 2 Juni. Atau seminggu sesudah SMA," terang Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun, Rabu (16/05). 

Selain memastikan jadwal pengumuman kelulusan SMP, Harun juga mengumumkan jadwal pemberitahuan kelulusan SD. Kelulusan SD akan diumumkan 20 Juni. Namun kelulusan SD diserahkan sekolah melalui rapat dewan guru. Tak melulu berpatokan pada nilai gabungan Unas dan nilai sekolah. 

"Semua sudah diatur sesuai ketentuan. Termasuk waktu pengumuman juga sudah terjadwal. Mudah-mudahan tak ada kendala dan masalah berarti dalam kelulusan nanti," paparnya. 

Sama dengan SMA, Unas bukan semata-mata menentukan kelulusan siswa. Siswa masih terbantukan dengan gabungan nilai Unas dan nilai sekolah. Dengan masing-masing berbobot 60 dan 40. 

"Seluruh nilai termasuk nilai rapor semua kita kirim ke pusat. Pusat yang menggabungkan nilai tersebut. Kami hanya menerima final berupa kelulusan dan ijazah," terang Harun. 

Khusus SD, kelulusan tidak berdasarkan nilai Unas maupun rapor. Kendati demikian, dalam rapat dewan guru, kadang nilai juga menjadi pertimbangan. Namun yang paling pokok adalah sikap, karakter, dan akhlak siswa. Sebab, merela harus tetap melanjutkan ke SMP.  

Oleh: Rakhman Khariry - Editor: Vivi Irmawati

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/news/2012/05/3v/inilah-jadwal-pengumuman-kelulusan-un-jatim/