all_header_1
Kamis, 24 Apr 2014 - 10.52 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Diduga Korupsi, Bambang DH Dilaporkan ke KPK

Sabtu, 12 Mei 2012 - 19.27 WIB

bambang DH 4

Wakil Wali Kota Sby, Bambang DH. Ist

Surabaya - Mantan Wali Kota Surabaya Bambang DH, dilaporkan sebuah LSM di Jatim ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ini terkait kasus sewa menyewa aset Pemkot berupa gedung Siola.

Bambang DH yang kini menjadi wakil wali kota Surabaya, dilaporkan atas dugaan korupsi terkait penyalahgunaan wewenang atas sewa menyewa Siola. Saat itu ada perjanjian antara pemkot dengan PT Tujungan City Hope Full.

Laporan ke KPK yang bernomor 2012-05-000162, dilaporkan East Java Corruption and Judicial Watch Organization (EJCJWO). Laporannya, Bambang DH dan PT Tunjungan City Hope Full telah melakukan kerjasama untuk memperkaya diri sendiri dengan melanggar aturan dalam surat perjanjian kerjasamanya.

Dalam suratnya, Koordinator EJCJWO Miko Saleh menyebutkan perjanjian sewa menyewa tanah dan bangunan yang dikeluarkan Bambang DH saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya terdapat banyak pelanggaran yang dilakukan Pemkot Surabaya.

Dalam perjanjian itu, mengubah luas tanah dan bangunan. Luas tanah dan bangunan diperkecil menjadi 6.480 meter persegi, padahal fakta di lapangan tanahnya seluas 28.910 meter persegi. Harga sewanya juga sangat murah, hanya dipatok Rp11 ribu per meter persegi per bulan, padahal saat itu harga sewanya Rp22 ribu per meter persegi per bulan.

Sehingga untuk total lahan itu, harga sewa menyewa seharusnya Rp3,11 miliar per tahun, tapi dengan perjanjian yang ada menjadi Rp697.500 juta per tahun. Tentu saja atas perjanjian yang dibuat 2010 – 2015 itu, kerugian negara mencapai Rp28 miliar.

Sementara, setelah ada sewa menyewa itu, PT Tunjungan City Hope Full, justru menyewakannya lagi ke Lotte Korea. Tunjungan City pun mendapat keuntungan 10 kali lipatnya karena menyewakan dengan harga Rp40 ribu per meter persegi per bulan. Padahal dalam pasal perjanjiannya, dilarang menyewakannya lagi kepada pihak lain.

 

Oleh: Windhi Ariesman - Editor: Vivi Irmawati

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING