Senin, 01 Sep 2014 - 18.12 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Berharap Anggaran Berimbang 2014

Jumat, 27 Apr 2012 - 20.17 WIB

anggaran2

Ilustrasi

Jakarta - Pengelolaan anggaran pemerintah diperkirakan baru akan mulaiĀ  berimbang (balance budget) pada 2014. Hal tersebut dapat tercapai jika defisit anggaran pemerintah dapat mencapai 0,5 dari produk domestik bruto (PDB).

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengklaim bahwa pemerintah terus berupaya untuk mencapai keseimbangan anggaran tersebut.

"Kalau dilihat dari balance budget, kalau tidak ada halangan seperti sekarang, kita rencananya pada 2014 mendekati balance budget, dan itu menunjukkan defisit ada di bawah 1 persen, tetapi di area bawah mungkin ada di 0,5 persen atau di bawah 0,5.persen," ujar Agus ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (27/4/2012).

Salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keseimbangan tersebut adalah melakukan penghematan anggaran, khususnya yang tidak prioritas. Upaya tersebut dilakukan guna meredam lonjakan subsidi BBM yang terjadi akibat naiknya harga minyak dunia.

Dengan upaya tersebut, Agus berharap defisit anggaran pemerintah dapat dijaga tidak melebihi 3 persen sesuai dengan apa yang diamanatkan undang-undang.

"Saat ini kita lakukan penghematan dulu untuk bisa menjaga defisit kita 2,2 sampai 2,3 persen. Kalau sekarang ini seperti yang saya sampaikan kemarin mungkin tetap ada di kisaran 1 tidak bisa mendekati balance budget," katanya.

Sebelumnya, Agus menegaskan permasalahan subsidi, khususnya BBM menjadi tantangan utama pemerintah dalam mengelola postur anggaran yang berkelanjutan. "Hal itu akan membuat rencana kita membuat fiskal 2013-2014 yang lebih sehat itu mendapatkan tantangan," pungkasnya.

Reporter: Raden Jihad Akbar - Editor: Shinta Sinaga

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING