Rabu, 23 Jul 2014 - 10.40 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Kementerian Belum Siap Diremunerasi

Senin, 20 Peb 2012 - 21.14 WIB

Kementerian Keuangan

Jakarta - Pada tahun ini belum ada lagi Kementerian dan Lembaga (K/L) baru yang akan mendapatkan remunerasi. Sebab untuk mendapatkan remunerasi, K/L harus siap menerapkan reformasi birokrasi di ruang lingkup K/L yang bersangkutan. Selain itu ketidaklengakpan berkas menjadi salah satu penyebab terganjalnya remunerasi.

"Yang sudah siap tahun ini saya rasa belum ada, tahun 2012 belum ada," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Herry Purnomo di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, (20/2/2012).

Herry menambahkan, Kementerian Keuangan menargetkan pada tahun ini seluruh K/L dapat menerapkan reformasi birokrasi. Namun, proses di lapangan tergantung kesiapan internal K/L.

"Targetnya seluruh K/L, tapi prosesnya kita belum tahu, harus melalui proses yang governance," tambahnya.

Ia menambahkan saat ini banyak K/L yang mengajukan diri untuk mendapatkan Remunerasi. Akan tetapi keputusannya harus melewati berbagai proses sampai akhirnya disetujui oleh wakil presiden.

"Saya kira cukup banyak, tapi prosesnya nanti ada tim evaluasi di Menpan (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara) dan keputusannya di tangan Wapres. Banyak syaratnya," imbuhnya.

Sebagai informasi, remunerasi mulai diberlakukan tahun 2007. Saat itu, tiga K/L yang mendapat remunerasi adalah Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta Mahkamah Agung (MA). Setelah tiga K/L tersebut, menyusul Sekretariat Negara (Setneg) dan Sekretariat Kabinet (Setkab).

Pada 2010 lalu, terdapat 9 K/L yang akhirnya mendapat remunerasi yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kemenko Perekonomian, Kementrian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Pertahanan, Kementerian PAN RB, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, TNI, serta Polri.

Reporter: Raden Jihad Akbar - Editor: Novi Nadya

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING