all_header_1
Wednesday, 16 Apr 2014 - 23.15 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Ekspor Mebel Jatim Kembali Bergairah

Tuesday, 14 Feb 2012 - 13.27 WIB

pameran furniture 4

Foto: CentroOne.com/Suryanto

Surabaya - Ditutupnya ekspor rotan mentah sejak akhir 2011 memberi angin segar pada industri mebel di Jawa Timur. Dengan adanya pasokan bahan baku yang stabil, diharapkan ekspor mebel bisa kembali bergairah di tengah krisis ekonomi di Eropa.

Executive Secretary Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Jatim, Chilman Suadi mengatakan industri mebel sangat terpengaruh dengan kelangsungan bahan baku.

"Setelah kran ekspor rotan mentah ditutup, perajin mebel akan kembali mendapat suplai bahan baku yang memadai dan ini akan membuat mereka semakin bergairah," kata Chilman ketika dihubungi, Selasa (14/02).

Dengan adanya kebijakan tersebut, Ia optimis tahun ini ekspor mebel bisa tumbuh antara 5% hingga 10%. Bahkan jika kondisi kondusif ini dipertahankan, Chilman menyatakan di tahun berikutnya, pertumbuhan ekspor bisa meningkat dua kali lipat atau hingga 20%.

"Daya serap bahan baku rotan anggota kami nantinya juga bisa meningkat, dari kisaran 3.000 ton per tahun saat ini, menjadi 4.000 ton per tahun dalam waktu dekat," jelas Chilman. Saat ini, terdapat sekitar 40 industri mebel besar dan kecil yang tergabung dalam Asmindo Jatim.

Meskipun muncul optimisme, Ia mengakui ekspor mebel memang masih terhambat belum stabilnya pasar global akibat krisis ekonomi yang menimpa AS dan Eropa. Apalagi ekspor mebel Jatim selama ini membidik pasar negara dengan empat musim, seperti AS, Jepang, Eropa, dan Australia.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, ekspor perabot dan penerangan rumah provinsi itu selama periode Januari-November 2011 mencapai 494,7 juta dollar AS. Naik 1% dibandingkan dengan kinerja periode yang sama tahun sebelumnya, yang menyentuh 489,8 juta dollar AS.

 

Oleh: Anggraenny Prajayanti - Editor: Masruroh

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING