Pilot-Pramugari Dicek Urine Berkala

Wednesday, 08 Feb 2012 - 13.47 WIB
pilot pramugari

Ilustrasi.

Jakarta - Federasi Pilot Indonesia menyetujui pengambilan random sampel urine berkala terkait pilot yang tertangkap basah mengonsumsi narkoba belakangan ini.

"kami sepakat dilakukan pengambilan random sampel urine berkal. Setiap hari pun setuju. Tidak hanya pilot, pramugari atau teknisi sekalipun," Kata Presiden Federasi Pilot Indonesia (FPI) Capt Hasfrinsyah di Gedung Garuda Indonesia, jalan Gunung sahari, Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Langkah antisipasi lainnya bisa juga random check satu jam sebelum terbang. Karena di Federasi Pilot Indonesia satu setengah jam sebelum keberangkatan, pilot sudah ada di airport.

"Saya kira ini lebih efektif. Random check narkoba tanpa sepengetauan yang bersangkutan di mana saja. Ada beberapa airline yang sudah melakukan ini," sarannya.

Harsfrinsyah menambahkan masih banyak yang tidak tahu akibat dari penggunaan narkoba, sebab itu pihak penerbangan bekerjasama dengan BNN untuk penyuluhan dan menjadi muatan lokal dalam pendidikan di sekolah penerbangan.

"Banyak pihak yang tidak tahu akibat dari pengguna narkoba dengan itu pihak penerbangan bisa bekerja sama dengan BNN. Mulai dari Sekolah-sekolah terbang juga masuk dalam silabus," harapnya.

Reporter: Mahardhikka - Editor: Novi Nadya

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/news/2012/02/2n/pilot-pramugari-dicek-urine-berkala/