all_header_1
Kamis, 27 Nov 2014 - 11.13 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Distributor LPG 3 Kg Dikenai Pajak

Kamis, 29 Des 2011 - 15.11 WIB

LPG 3 Kg

LPG 3 Kg.

Jakarta - Distributor penyedia LPG tabung 3 Kg diwajibkan untuk membuat faktur pajak. Faktur ini disampaikan saat pembayaran subsidi LPG 3 Kg kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Dedi Rudaedi menjelaskan, kebijakan ini sesuai dengan UU. Setelah pembayaran subsidi LPG 3 Kg kepada KPA, selanjutnya akan dilakukan penelitian dan verifikasi terhadap permintaan pembayaran subsidi tersebut.  

"Atas dasar hasil verifikasi yang dilakukan, maka Badan Usaha membuat Surat Setoran Pajak (SSP) yang ditandatangani oleh Kantor Pelayanan Perbendahara Negara (KPPN) atas nama Badan Usaha," terang Dedi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (29/12).

Ketentuan tersebut, kata Dedi, merupakan isi dari Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor: PER-40/PJ/2011 tentang Tata Cara Penerbitan Faktur Pajak Dan Surat Setoran Pajak atas Penyerahan Jenis Bahan Bakar Tertentu dan/atau Liquefied Petroleum Gas (LPG) Tabung 3 (Tiga) Kilogram, yang diterbitkan pada tanggal 27 Desember 2011.

Sebelumnya pada 15 Desember 2011, Menteri Keuangan telah mengatur mekanisme pemberian subsidi LPG Tabung 3 Kg yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 218/PMK.02/2011 tentang Tata Cara Penyediaan Anggaran, Penghitungan, Pembayaran, dan Pertanggungjawaban Subsidi Liquefied Petroleum Gas (LPG) Tabung 3 Kilogram.  

Dalam Peraturan Menteri ini, disebutkan bahwa subsidi LPG Tabung 3 Kg yang terdiri dari subsidi harga dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas subsidi harga, bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dan juga sebagai pengganti penggunaan minyak tanah dalam APBN dan/atau APBN-P.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum dalam pemungutan dan penyetoran PPN atas penyerahan BBM Tertentu dan/atau LPG Tabung 3 Kg, sehingga alur mekanisme subsidi menjadi lancar.

Reporter: Raden Jihad Akbar - Editor: Ana Shofiana S

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING