Kamis, 31 Jul 2014 - 14.21 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Ratusan Gadis di India Ganti Nama

Senin, 24 Okt 2011 - 12.25 WIB

Gadis India

Mumbai – 285 gadis India akhir pekan kemarin menjalani ritual tradisional India untuk menganti nama mereka. Para gadis tersebut mengganti nama mereka dari “Nakusa” atau “Nakushi”yang dalam bahasa Hindi berarti “tidak diinginkan” dengan nama baru yang lebih berarti dan modern.

Ritual yang digelar di distrik Satara, Maharashtra, India itu dilakukan agar para gadis tersebut bisa memulai hidup baru. Memakai pakaian tradisional India, lengkap dengan dandanan dan pakaian khas-nya, para gadis itu menerima sertifikat ganti nama serta bunga dari pejabat Maharashtra.

“Di sekolah nanti, teman-temanku akan memanggilku dengan nama baru, dan itu membuatku senang. “ujar salah satu gadis seperti yang dilansir dari Yahoo News,Senin (24/10/2011). Gadis itu mengganti namanya menjadi “Ashmita” yang berarti “batu keras.” Sebelumnya gadis berusia 15 tahun itu mendapatkan nama Nakusa dari sang kakek yang kecewa dengan kelahirannya.

Sedangkan gadis-gadis lain yang mengikuti ritual tersebut beberapa diantara memilih nama para artis seperti “Aishwarya”atau nama dewi dalam agama Hindu “Savitri”, namun ada juga yang memilih nama tradisional yang memiliki makna positif seperti “Vaishali”yang berarti cantik dan baik.

Di India, belakangan terjadi diskriminasi antara wanita dan pria, dimana para orang tua lebih memilih untuk mendapatkan bayi laki-laki. Populasi kelahiran bayi perempuan di India tahun ini sendiri mencatat ada 914 kelahiran bayi perempuan diantara 1000 bayi laki-laki.

“Nakusa adalah sebuah nama negatif, seperti halnya diskriminasi yang tengah terjadi. Nama itu membuat kaum perempuan merasa tidak berharga dan rendah diri“ujar kepala kesehatan distrik Satara, Dr Bhagwan Pawar.

 

Oleh:YL.antama.putra

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING