Jumat, 31 Okt 2014 - 16.47 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Hingga 2020 Kuota Haji Penuh

Selasa, 18 Okt 2011 - 15.21 WIB

haji anyar2

Foto: CentroOne.com / Suryanto

Surabaya - Waiting list haji wilayah Jawa Timur untuk tahun 2020 sudah terisi penuh. Pernyataan tersebut disampaikan Sudjak, Pengendali PPIH Embarkasi Surabaya sekaligus Kepala Kanwil Kementrian Agama Jatim, di Asrama Haji Sukolilo, Selasa (18/10).

"Daftar tunggu untuk tahun 2020, kursinya sudah terisi semua, kini sudah beranjak tahun 2021 dan perubahan tersebut karena masyarakat sudah banyak mendaftar pada bulan September dan Oktober," ujarnya.

Dengan maraknya calon jamaah haji yang mendaftar dalam kurun waktu 2 bulan. Kini, daftar tunggu haji sudah sampai tahun 2021. Sebelumnya, Siskohat mencatat per September 2011 antrean baru sampai tahun 2020, menyisakan 11.416 kursi. Daftar tunggu tahun 2021 sudah terisi calon haji sebanyak 1.970 orang dan itu artinya masih ada sisa 32.195 kursi kosong.

“Jumlah waiting list tahun 2021 kemungkinan besar masih bisa tambah lagi karena minat warga Jatim dalam menunaikan ibadah haji sangat tinggi,” ungkapnya.

Di sisi lain, semakin panjang daftar tunggu membuat pihak PPIH berharap Kemenag menambah kuota pemberangkatan haji Jatim. Hal tersebut mengacu pemberangkatan haji tahun ini, Kanwil Kemenag Jatim hanya mendapatkan tambahan kuota sebanyak 840 kursi. Sedangkan tambahan kuota tersebut belum bisa mengatasi masalah tingginya waiting list haji.

"Jika kuota haji Jatim tidak ditambah, dikhawatirkan daftar tunggu yang mengular tidak akan berkurang. Sebaliknya malah tambah panjang. Tiap tahunnya, jatah kursi yang kita berangkatkan sekitar 34.165 nomer,” tegasnya.

Ada yang menarik dari data di atas, rupanya calon jamaah dari Surabaya menduduki tempat tertinggi dalam urusan waiting list. ”Angkat tersebut dapat kita lihat dari kuota haji yang diberikan kepada Surabaya,” papar Sudjak.

Dari peringkat pertama, Surabaya tiap tahun memberangkatkan 3.386 jamaah, disusul Sidoarjo sebanyak 2.537 orang dan ketiga Jember yakni 2.287 calon jamaah.

“Ini artinya, hingga saat ini, waiting list terbanyak di Jatim masih dipegang kota Surabaya,” pungkasnya.

 

Oleh: Jatmiko - Editor: Masruroh

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING