all_header_1
Monday, 21 Apr 2014 - 01.23 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Pelalawan Bakal Jadi Pusat Percotohan Kawasan Teknopolitan

Tuesday, 18 Dec 2012 - 16.35 WIB

newsupdate2

Jakarta- Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, akan menjadi percontohan kawasan teknopolitan, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi sedang menyiapkan masterplan kawasan tersebut.

Teknopolitan adalah konsep kawasan yang berdimensi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya yang dilakukan oleh sentra kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kawasan teknopolitan lebih menekankan pada pembangunan yang berbasis teknologi untuk menghasilkan nilai tambah.

"Diperkirakan akhir tahun ini, masterplan untuk kawasan teknopolitan Pelalawan selesai. Selama ini, Pelalawan yang kaya dengan potensi ekonomi masih kurang memperhatikan nilai tambah " kata Deputi Pengkajian Kebijakan Teknologi BPPT Tatang Akhmad Taufik dalam forum diskusi di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa.

Di Indonesia sendiri, lanjut dia, belum ada contoh nyata kawasan teknopolitan. Kabupaten Pelalawan adalah salah satu dari sedikit daerah yang berupaya keras menjadi kawasan teknopolitan sebagai penghela pembangunan daerah. Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan dana Rp63 miliar untuk ganti rugi pembebasan lahan teknopolitan. "Nantinya akan dibangun kawasan yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Juga dibangun kawasan pendidikan," jelas Harris.

Bupati Harris menambahkan beberapa pengusaha asal Australia, Jepang, adan Korea juga sudah berdatangan ke daerah tersebut untuk melakukan penjajakan investasi. Untuk infrastruktur, Harris mengatakan akan semakin ditingkatkan baik dari jalan raya hingga pembangunan pembangkit. "Kami perkirakan awal 2013, kawasan teknopolitan ini sudah mulai berjalan," katanya.

Forum diskusi tersebut juga dihadiri sejumlah pemangku kepentingan dari Kementerian Bidang Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Koordinasi Penanaman Modal. (ant)

Editor:YL.antamaputra

Komentar

lucky rifaldi

30 Dec 2012 - 18:31 (1 year ago)

Lucky rifaldi/17/Pelajar/Jakarta/WEEZER/wes semoga bisa terus di pertahankan nih

said arza husein

30 Dec 2012 - 18:16 (1 year ago)

Said Arza Husein/22/Mahasiswa/bandung/Weezer/waw,semoga daerah daerah lain bisa mengikuti jadi seperti itu juga

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING