Rabu, 03 Sep 2014 - 09.04 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Gejala-gejala Seseorang Terinfeksi HIV/AIDS

Kamis, 29 Nov 2012 - 16.13 WIB

man bed flu sick 400x400

Ilustrasi (Ist.)

Disadari atau tidak, HIV/AIDS sering muncul dari beberapa gejala sederhana yang sering dialami oleh seseorang. Anehnya, gejala ini sering muncul tanpa sebab, dan sering berlangsung sangat lama. Kekebalan tubuh yang terserang, mengakibatkan hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Dikutip dari majalah kesehatan Online, Healt, bersama Michael Horberg, MD, direktur HIV/AIDS untuk Kaiser Permanente, di Oakland, berikut gejala-gajala awal seseorang terjangkit HIV/AIDS.

Demam

Demam ringan sering muncul dalam gejala penderita HIV/AIDS sampai sekitar 102 derajat F. Gejala ini umumnya juga disertai masalah ringan lain, seperti kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan sakit tenggorokan. "Pada titik ini virus bergerak ke dalam aliran darah dan mulai mereplikasi dalam jumlah besar," kata Carlos Malvestutto, MD, instruktur penyakit menular dan imunologi di departemen kedokteran di NYU School of Medicine di New York City.

Kelelahan

Sistem kekebalan tubuh yang mulai menurun akan membuat penderita penyakit ini akan merasakan sering lelah dan lesu. Maka dari itu, kelelahan yang sering terjadi tanpa sebab juga sering menjadi indikasi awal munculnya HIV.

Sakit tenggorokan dan sakit kepala

“Gejala ini juga sering muncul pada pasien pengidap virus mematikan ini,” menurut Dr Horberg. Perlu diketahui, tubuh pada dasarnya tidak dapat menghasilkan antibodi yang berguna untuk melawan HIV. Dan hal ini akan terasa dan muncul terus menerus

Ruam kulit

Gejala berikutnya adalah ruam yang gampang muncul di kulit. Hal ini sering muncul pada pasien penderita penyakit HIV / AIDS.

Mual, muntah, diare

“Sekitar 30-60% pengidap penyakit ini sering mengalami ketiga gejala ini. Karena ini sering muncul sebagai tahap awal seseorang terinfeksi virus ini,” jelas Dr Malvestutto.

Perubahan Berat badan

Perubahan berat badan dengan ditandai semakin ringannya seseorang, sering muncul pada penderita penyakit HIV/AIDS. Hal ini sering dikarenakan gejala diare berat yang kerap dialami oleh penderita penyakit ini. Rata-rata pasien sering kehilangan lebih dari 10% berat tubuhnya, dan hal ini terjadi dalam waktu 30 hari tanpa sebab.

Batuk kering

Atau batuk kering adalah tanda pertama bahwa seseorang memiliki sesuatu yang salah. Tapi itu berlangsung selama satu tahun setengah dan semakin parah. Beberapa obat batuk biasanya tak akan mampu menghentikan masalah ini.

Pneumonia

"Ada banyak infeksi oportunistik yang berbeda dan masing-masing dapat hadir berbeda," kata Dr Malvestutto. Dalam kasus penderita penyakit ini, Pneumocystis pneumonia (PCP), alias "AIDS pneumonia sering muncul pada seseorang yang terinfeksi virus HIV. Infeksi oportunistik lainnya termasuk toksoplasmosis, infeksi parasit yang mempengaruhi otak, sebuah jenis virus herpes yang disebut cytomegalovirus, dan infeksi jamur seperti sariawan.

Berkeringat di malam hari

“Sekitar setengah dari pasien penderita penyakit ini sering berkeringat di malam hari selama tahap awal infeksi HIV,” jelas Dr Malvestutto. Ini bisa menjadi lebih sering dan tidak dimulai karena aktivitas olahraga atau suhu ruangan.

Perubahan Kuku

Tanda lain dari seseorang yang terinfeksi virus ini adalah perubahan kuku. Hal ini umumnya ditandai dengan perubahan warna (hitam atau cokelat), struktur, sampai kerusakan kuku. Hal ini umumnya disebabkan karena infeksi jamur "Pasien dengan sistem kekebalan yang menurun akan lebih rentan terhadap infeksi jamur," kata Dr Malvestutto.

Infeksi jamur

"Infeksi jamur sangat umum terjadi pada wanita yang mengalami infeksi virus ini," kata Dr Malvestutto. Ia menambahkan, mereka cenderung muncul di mulut atau kerongkongan, sehingga sulit untuk menelan.

Mudah kehilangan konsentrasi

Masalah kognitif bisa menjadi tanda demensia terkait HIV. Hal ini juga berpengaruh pada munculnya masalah memori dan masalah perilaku seperti mudah marah atau mudah tersinggung. Hal ini juga sering berakibat pada perubahan perilaku seseorang. Seperti menjadi lebih ceroboh, kurangnya koordinasi, dan masalah keterampilan motorik halus (menulis dengan tangan).

Munculnya herpes

Virus HIV sering mengakibatkan munculnya herpes pada mulut dan bagian genital. Bagian ini sangat berbahaya, dan orang sehat bisa tertular karena cairan ini. Dibanding dengan orang sehat, penderita HIV/AIDS umumnya memiliki lebih parah wabah herpes, karena keberadaan virus ini telah melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Kesemutan dan kelemahan

Pada pasien HIV?AIDS, gejala paling sering diasakan adalah kesemutan dan mati rasa pada tangan dan kaki. Kondisi ini biasa disebut neuropati perifer. Kondisi yang sama juga kerap terjadi pada penderita diabetes yang tidak terkontrol.

Perubahan drastis masa Menstruasi

Secara gender, virus HIV pada wanita sering berakibat pada perubahan drastis siklus menstruasi, yang rata-rata berlangsung lebih lama. Hal ini adalah pengaruh dari penurunan berat badan dan kondisi buruk kesehatan mereka. Hadirnya virus ini di tubuh wanita juga sering berakibat pada munculnya menopause dini (47 - 48 tahun bagi perempuan yang terinfeksi dan 49 - 51 tahun untuk perempuan yang tidak terinfeksi).

 

Oleh : Adi Cahyo

Komentar

muhammad noviyanto

16 May 2013 - 11:58 (1 year ago)

mau tanya kalau bentol-bentol di badan kaya digigit semut gitu,, itu termasuk gejala bukan??

Nurlaela Sari

06 Jan 2013 - 11:03 (2 years ago)

Nurlaela Sari/24/Karyawan Swasta/Jakarta/SHM/serem betull....makanya ya anak-anak muda sekarang jangan pada masuk ke pergaulan bebas, liat tuh diatas akibatnya

Carla Kania Lupita

06 Dec 2012 - 20:55 (2 years ago)

Carla/17yo/Pelajar/Jakarta/2PM/
serem bener '-'

bani sulistiyanti

06 Dec 2012 - 12:27 (2 years ago)

bani/17/pelajar/jakarta/2PM/ harus dicatet nih buat bahan ulangan

ahmad yani

05 Dec 2012 - 21:21 (2 years ago)

ahmadyani/17/pelajar/jakarta/2 PM/ pengetahuan bgt

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING