all_header_1
Jumat, 28 Nov 2014 - 21.26 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Berjalan-jalan Melihat Air Mancur Tertinggi di Dunia

Jumat, 02 Nov 2012 - 10.40 WIB

King Fahd Fountain

King Fahd Fountain di Jeddah, Arab Saudi (Ist.)

Selain pergi ke berbagai tempat religi bersejarah, jamaah haji yang datang ke Jeddah, Arab Saudi, juga berkesempatan melihat langsung obyek wisata terkenal, Air mancur King Fahd. Atau dunia mengakuinya sebagai air mancur tertinggi di dunia.

Jeddah adalah salah satu kota yang dikunjungi oleh jamaah haji di seluruh dunia setiap tahunnya. Karena di salah satu kota besar di Arab Saudi ini terdapat beberapa tempat religi bersejarah bagi umat muslim. Seperti Makam Siti Hawa dan Masjid Qisas.

Kota ini juga dijadikan pintu masuk bagi umat Islam yang akan menunaikan ibadah haji atau umroh. Dibalik hal tersebut, seperti kota besar dunia lainnya, Jeddah juga dikenal sebagai kota belanja, dan salah satu pusat bisnis Kerajaan Arab Saudi.

Kemegahan kota ini juga tergambar dari keberadaan air mancur tertinggi di dunia, ‘King Fahd Fountain’. Saking tingginya air mancur ini, kita bahkan bisa melihatnya dari setiap sudut kota Jeddah. Menyemburkan air asin, air mancur ini bisa memuntahkan air sampai ketinggian 312 m. Atau lebih tinggi dari menara Eiffel di Paris, Prancis.

Air mancur ini dibangun antara tahun 1980-1983 dan mulai beroperasi pada 1985. Untuk mencapai ketinggian tersebut, air mancur ini didukung Tiga pompa raksasa yang mampu menembakkan 625 liter air per detik dengan kecepatan 375 kilometer per jam.

Sayangnya, awal pembangunannya sempat diselimuti kontroversi. Tiga pompa berkekuatan super tersebut dikhawatirkan dapat merusak kelangsungan ekosistem di Laut Merah, akibat korosi dan abrasi yang disebabkan. Namun karena pertimbangan dan perhitungan yang matang, proyek ini akhirnya tetap bisa dilihat sampai sekarang.

Hanya saja, untuk menikmatinya Anda harus datang pada hari Libur atau Kamis dan Jumat di tepian pantai Laut Merah. Karena selain hari tersebut, bisa dipastikan obyek wisata ini tidak akan difungsikan. Keberadaan air mancur ini juga kerap terlihat cantik karena dukungan lebih dari 500 lampu sorot yang sengaja di pasang untuk menerangi pada malam hari.

Bersama 6 obyek wisata yang sama, air mancur King Fahd masuk dalam 7 air mancur terindah di seluruh dunia. 6 air mancur tersebut antara lain Air mancur Trevi, Roma, Italy, Friendship of the Peoples Fountain, Moskow, Rusia, Fountain of Wealth, Singapura, Air mancur keran, Menorca, Spanyol, Moonlight Rainbow Fountain, Seoul, Korea Selatan dan Bassin de Latone, Palace de Versailles, Prancis.

 

Oleh : Adi Cahyo/Dari berbagai sumber

 

Komentar

michelle pranata

07 Nov 2012 - 20:35 (2 years ago)

michelle pranata/ 21/ mahasiswi/ jakarta/ david foster&friends/ ciyus? miapah? keren banget gilaaaaa

Neri Aini

05 Nov 2012 - 13:04 (2 years ago)

Neri Aini/26/Karyawati/Bogor/David Foster & Friends/ busett tinggi bener tuh.. jedaah is beautiful anyway!

joeza

04 Nov 2012 - 10:40 (2 years ago)

Joeza/21/Mahasiswa/Jakarta/David Foster/wah arab saudi emng rata2 semua tinggi ya hehe keren nih Indonesia ayo donk punyaa

Eriza Putri Kenanti

02 Nov 2012 - 22:21 (2 years ago)

Eriza Putri Kenanti/22/Mahasiswi/Jakarta/David Foster/Uwooww kerennya. Semoga secepatnya bisa mengunjungi. Amin ya Allah.

Roby Adiyansyah

02 Nov 2012 - 11:10 (2 years ago)

Roby Adiyansyah S/20/Mahasiswa/Jakarta/Wonder Girls/Luar biasa, kapan ya bisa pergi ke sana, mudah-mudahan nanti ada rejeki sehingga bisa pergi ke temoat itu.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING