Rabu, 20 Agu 2014 - 15.44 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Ini 12 Orang Yang Pernah Datang ke Bulan

Selasa, 28 Agu 2012 - 21.25 WIB

6a00e551962103883300e553c8fce68834 800wi5B15D

Gambar bersejarah, pendaratan manusia pertama di bulan (Ist.)

Meninggalnya Neil Armstrong sebagai manusia yang pertama kali menjejakkan kaki di bulan menyisakan kisah menarik tentang sejarah perjalanan umat manusia di bulan. Paling tidak, sejak 1972 tak ada lagi misi antariksa yang membawa manusia di tempat ini.

Sejak misi pertama Niel Amstrong mendarat di Bulan pada 21 Juli 1969 sampai sekarang ada hanya ada 12 orang yang pernah menjejakkan kaki di Bulan. Beberapa proyek selanjutnya, orang lebih senang mengirim robot dan berbagai alat canggih untuk menggantikan tugas langka ini.

Dikutip dari the Sun (28/8), berikut 12 orang paling beruntung yang pernah melihat Bumi dari Bulan.

Neil Amstrong

Adalah orang pertama yang menjejakkan kaki di bulan. Karena jasanya ini, Niel dianggap dan dielu-elukan sebagai pahlawan Amerika. Sekembali dari bulan, Niel hidup sebagai seorang professor kehormatan di sebuah universitas di Amerika. Ia menutup usia pada hari Sabtu (25/8) kemarin di usia 82 tahun. Kata-kata mutiara darinya yang paling dikenal adalah “That's one small step for man, one giant leap for mankind”. Kata ini yang terucap olehnya saat berada di bulan.

Buzz Aldrin

Namanya mengisnpirasi sebuah karakter kartun produksi Walt Disney, Buzz Lightyear, karakter astronot di seri Toy Story. Buzz mendarat di bulan pada 21 Juli 21 1969 bersama Niel Amstrong. Setelah pulang dari bulan Ia menjadi seorang ayah 3 orang anak dan sekarang berusia 82 tahun. Sayangnya, masa tuanya sangat suram, terjebak dalam ketagihan alkohol dan mengalami 3 kali perceraian. Buzz sempat terlibat dalam statmen kontroversial yang menyebuat pendaratannya di bulan bersama Niel adalah palsu. “Beautiful, beautiful, magnificent desolation,” kata-katanya saat berada di Bulan.

Pete Conrad

Pete mengawali petualangan pertamanya di bulan pada 19 November 1969. Ia pernah dua kali menikah dan bekerja untuk sebuah stasiun televise. Pada taun 1999 ayah dari 4 orang anak ini mengalami kecelakaan lalulintas dengan sepeda motonya. Meski berhasil dibawa ke rumah sakit, namun karena pendarahan nyawanya tak dapat tertolong dan harus meregang nyawa di usia 69 tahun. Kata-kata saat di bulannya, “The flight was extremely normal... for the first 36 seconds, then after that got very interesting”

Alan Bean

Sejarah mencatat Alan sebagai astronot ke empat yang berhasil menjejakkan kaki di bulan pada 19 November 1969 bersama Pete Conrad. Alan sekarang berusia 80 tahun dan bekerja sebagai pekerja seni untuk tema luar angkasa setelah meninggalkan NASA. Ayah dua orang anak ini sangat terkenal melalui lukisan luar angkasanya. Kata-katanya saat dibulan, “This is the moon, that is the Earth. I’m really here, I’m really here.”

Alan Shepard

Alan datang ke bulan pada misi yang dijalankannya pada 5 Februari 5 1971. Setelah pulang dari bulan Ia bekerja di perusahaan Golf dan menjadi dewan di beberapa perusahaan. Ayah dari tiga orang anak ini meninggal pada tahun 1998 di usia ke 74 tahun karena leukaemia. Kata-katanya saat berada di bulan, “It’s a very sobering feeling to be up in space and realise that one’s safety factor was determined by the lowest bidder on a government contract.”

Edgar Mitchell

Mitchell melakukan misi di bulan pada 5 Februari 1971. Setelah kembali ke Bumi, Ia menjadi tokoh yang percaya akan keberadaan UFO. Dan getol berkampanye melawan skeptis yang di sosialisasikan pemerintah Amerika sejak Ia keluar dari NASA pada tahun 1972. Ia juga sempat mengutarakan bahwa pemerintah Amerika telah membedah Alien dan merahasiakan ke publik. Saat ini Ia dikaruniai 6 ornang anak dan telah bercerai dengan istrinya. Kata-katanya saat di bulan, “My view of our planet was a glimpse of divinity”

David Scott

David memulai misi ke bulan pada 31 Juli 1971. Wajahnya sempat ada di perangko langka terbitan Amerika. Ia menikah dan ayah dari dua orang anak. Saat ini ia berusia 80 tahun dan bekerja sebagai konsultan untuk acara televise dan film di Amerika. Kata-katanya saat di bulan, “I don’t see a hostile world. I see the radiant body where man has taken his first steps into a frontier that will never end.”

James Irwin

Irwin melakukan misi di bulan pada 31 Juli 1971. Sekembali dari bulan, Ia menjadi sosok yang sangat religius dan sempat menjadi seorang pengkotbah. Dalam hidupnya Irwin sangat terobsesi dengan pencarian kapal nabi Nuh. Ia menikah dan memiliki 5 orang anak. Tahun 1991, di usia 61 tahun, ia meninggal karena serangan jantung. Kata-katanya saat di bulan, “I felt the power of God as I’d never felt it before.”

John Young

Younge adalah astronot ke 9 yang pernah menapakkan kaki di bulan. Misinya terjadi pada 21 April 1972. Setelah dari bulan, ia masih bekerja untuk NASA sampai pension di usia 74 tahun, Ia masih bekerja untuk NASA. Ayah dari dua orang anak ini menikah dua kali dan saat ini berusia 81 tahun. Kata-katanya saat di bulan “Anyone who sits on the world’s largest hydrogen-oxygen-fuelled system, knowing they’re going to light the bottom, and doesn’t get a bit worried, does not fully understand the situation.”

Charles Duke

Melakukan misinya pada 21 April 1972, Duke menjadi salah seorang astronot termuda yang pernah berpetualang ke bulan, dengan usia saat itu, 36 tahun. Sekembali dari bulan, Ia kemudian berprofesi sebagai seorang pendeta yang sering berkotbah di tahanan. Ia menikah dan sampai sekarang dikaruniai dua orang anak. Saat ini usianya 76 tahun dan aktif sebagai donator di sekolah astronot untuk pemula. Kata-kata saat dibulannya, “The blackness was so intense.”

Harrison Schmitt

Harrison melakukan misi ke bulan pada 11 Desember 1972. Setelah keluar dari NASA, Ia kemudian memulai karir di dunia politik dan berhasil menjadi senator dari partai republik pada tahun 1975. Sayangnya tahun 1982 partainya di pecundangi pesaingnya, partai demokrat. Saat ini ia berusia 77 tahun, menikah dan tidak memiliki anak. Kata-katanya saat di bulan, “You have to be there to really know what it’s like.”

Eugene Cernan

Adalah orang terakhir, sampai sekarang, yang pernah datang ke bulan. Misi pendaratan di bulannya terjadi pada 11 Desember 1972. Saat ini Ia berusia 78 tahun dan ayah dari 3 orang anak. Setelah meninggalkan NASA Eugene kemudian menjadi cendikiawan yang sering diundang di berbagai acara televise. Kata-kata saat di bulannya, “I stood in the blue darkness and looked in awe at the Earth from the surface. What I saw was almost too beautiful to grasp.”

 

Oleh : Adi Cahyo

 

Komentar

Louise

03 Sep 2012 - 11:23 (2 years ago)

terus yg Buzz Aldrin itu nama aslinya Edward Aldrin lhooo... Buzz Aldrin cuma nama panggilannya

Louise

03 Sep 2012 - 11:21 (2 years ago)

hellooo... Yuri Gagarin kan juga pernah ke bulan, kq namanya nggak masuk???

Sinyo Meduro

30 Aug 2012 - 06:24 (2 years ago)

kapan orang Indonesia ke Bulan...datang bulan yang banyak wkwkwk

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING