Sabtu, 02 Agu 2014 - 07.20 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Ini Dia Tablet-tablet Pertama Dengan Windows 8

Kamis, 09 Agu 2012 - 13.24 WIB

Windows RT screen shot

Tampilan Windows 8 RT (Ist.)

Seiring dirilisnya generasi terbaru Windows 8, dua produsen besar bersaing dengan dua produk baru yang didukung sistem operasi ini. Sebelumnya Asus terlebih dulu memamerkan produk Transformer 600, dan disusul Microsoft sendiri dengan produk Surface. Seperti apa dua produk yang mengklaim dirinya sebagai tablet pengguna OS Windows 8 ini?

Asus Transformer 600

Salah satu produsen komputer besar asal Taiwan, Asus memperkenalkan Transformer 600 pertama kali pada acara Computex 2012 yang diselenggarakan di Taiwan (4/6) yang lalu. Perkenalan produk ini dipimpin langsung oleh pimpinan Asus, Jonney Shih.

Dalam acara ini Asus Transformer 600 diperkenalkan sebagai tablet pertama yang menggunakan Windows RT. Windows ini adalah salah satu edisi Windows 8 yang dikhususkan untuk perangkat tablet.

“Tablet ini akan memenuhi visi Microsoft tanpa kompromi dan menghadirkan pengalaman pertama menggunakan Windows RT. Nvidia dan Asus telah bekerja sangat erat dengan Microsoft untuk memastikan interface Windows Metro berjalan baik di Windows RT yang didukung oleh Nvidia Tegra 3,” kata salah seorang perwakilan dari Nvidia.

Asus Transformer 600 ini dilengkapi dengan prosesor Nvidia Tegra 3 quad-core dan didukung kapasitas memori RAM hingga 2GB. Tablet ini menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 32GB serta berbagai fitur lain seperti kamera belakang 8MP dengan LED flash, kamera depan 2MP, WiFi dan Bluetooth 4.0. Asus juga menggunakan layar berteknologi IPS (In-Plane Switch) berukuran 10,1 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Jika dilihat dari spesifikasi yang dimiliki, produk ini diperkirakan ditawarkan dengan harga tak jauh beda dengan seri Transformer Prime, yakni sekitar $499. Diperkirakan Asus Transformer 600 segera diluncurkan pada bulan Oktober atau November tahun ini. Mengingat Windows 8 sendiri akan dirilis pada bulan Oktober.

Microsoft Surface

Microsoft sendiri juga mengumumkan produk dengan dukungan OS Windows 8 bernama Surface. Selain didukung dengan update software dan Hardware, produk ini juga di rilis dengan desain yang lebih fashionable. Produk ini diumumkan oleh CEO Microsoft Steve Ballmer dalam sebuah pertemuan di Los Angeles pada 18 Juni 2012.

Bagian depan Surface dibuat ramping dengan layar presisi. Warna hitam pekat dibingkai oleh bahan magnesium alloy membuat tablet ini nampak begitu elegan. Di bagian bawah layar dihiasi oleh logo Windows 8 berdesain simple nan minimalis.

Selain itu bagian keyboard (yang juga terpisah), juga didesain unik dengan warna merah muda dan biru muda dan beberapa pilihan warna tua. Keyboard Cover ini memiliki jarak yang cukup luas antara satu tombol dengan tombol yang lain jadi memudahkan kita saat mengetik dan juga memiliki ukuran yang pas dengan jari kita.

Produk ini dilengkapi dengan dua speaker, microphone ganda, slot microSD, satu buah port USB 2.0 dan port Micro HDMI. Menggunakan CPU Nvidia Tegra ARM, dengan kapasitas penyimpanan 32 atau 64 GB dan microSD slot. Memiliki imensi layar 10.6 inci dengan rasio 16:9.

Surface didukung Multi-touch screen, Touch Cover, Type Cover dengan dukungan port USB 2.0, micro HDMI, dan dibuat dengan berat 676 g.

CEO Microsoft Steve Ballmer menyatakan dalam pertemuan di Los Angeles bahwa "harga retail akan diumumkan mendekati ketersediaan dan diharapkan kompetitif dengan perbandingannya sebuah tablet ARM atau Ultrabook Intel. OEM akan memiliki harga dan ciri sesuai dengan Windows 8 dan Windows RT."

Produk Surface dengan ARM rencananya akan dirilis pada 26 Oktober tahun ini. Versi dengan spesifikasi lebih tinggi, Surface Pro, rencananya akan dirilis pada 3 bulan setelah seri pertama produk ini dirilis.

 

Oleh : Adi Cahyo/Berbagai Sumber

Komentar

Kayla Dania

09 Aug 2012 - 14:27 (2 years ago)

hoaaaaaaaaaaaaaa keren~!

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING