Rabu, 22 Okt 2014 - 11.46 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Uniknya Menu Berbuka Ala Timur Tengah

Senin, 23 Jul 2012 - 20.39 WIB

IMG00162 20120723 1624

Menu Timur Tengah ala Sekarwangi Restaurant Hotel Santika - Foto : Aggraenny/Centroone

Surabaya - Saat berbuka puasa bisa jadi merupakan momen yang paling ditunggu saat ini. Beragam hidangan diharapkan bisa menggugah selera, apalagi jika cita rasanya unik, khas Timur Tengah.

Seperti yang disajikan Sekarwangi Restaurant Hotel Santika Jemursari Surabaya. Sedikitnya ada 170 menu yang terdiri dari aneka makanan, minuman dan ta'jil khas Ramadhan.

"Untuk buka puasa ada banyak ragam mulai dari makanan khas nusantara hingga yang khas yaitu Middle East Corner di mana semua menu khas Timur Tengah disajikan secara prasmanan dalam satu meja," kata Media Relations Hotel Santika Jemursari Surabaya, Radinia Pitaramita, Senin (23/07).

Mulai dari makanan pembuka hingga hidangan penutup lengkap disajikan. Misalnya Moutabel Salad dan Fatouch untuk makanan pembuka. Fatouch ini cukup unik karena merupakan gabungan dari terong, pasta mediteranian, paprika dengan saus dari lemon dan olive oil.

Untuk makanan utama juga terdapat Nasi Maklauba serta Cous-cous. Dikatakan Pipit, Cous-cous ini cukup unik karena terbuat dari gandum. "Bentuknya lebih kecil-kecil dari nasi. Karena terbuat dari gandum, Cous-cous tentu lebih sehat untuk diet," ujarnya.

Cous-cous diolah menggunakan bubuk khas Timur Tengah seperti Garamasala yang memberikan rasa seperti kare dan sedikit jinten. "Sedikit ada rasa lada," tambah Pipit lagi. Selain itu ada juga campuran kayu manis, bubuk kapulaga, paprika, bubuk cabe dan bubuk kare. Sedangkan kuahnya dari tomat segar, tomat pasta, kayu manis, daun mint, daun peterseli dan daun ketumbar.

Sementara hidangan penutup lebih menampilkan makanan manis seperti misalnya roti pita atau bahlava. Bahlava ini seperti puff pastry yang diisi dengan aneka macam kacang mulai dari kacang biasa, mente hingga almond, tetap dengan sentuhan rasa kayu manis.

Sous Chef Hotel Santika Jemursari Surabaya, Sarto menambahkan, makanan Timur Tengah memang lekat dengan bahan-bahan seperti kayu manis, lemon dan youghurt. Kayu manis digunakan sebagai penghangat karena udara malam yang mengiggit sehingga dibutuhkan makanan yang bisa menghangatkan badan.

"Sedangkan lemon ini untuk menghilangkan bau khas daging," tuturnya. Sedangkan youghurt, selain lebih segar juga sekaligus untuk pengganti susu.

 

Oleh : Aggraenny Prajayanti – Editor : Adi Cahyo

 

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING