all_header_1
Jumat, 25 Apr 2014 - 04.18 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Hasduk Berpola, Belajar Memaknai Merah Putih

Jumat, 27 Apr 2012 - 13.39 WIB

main2 hasduk

Surabaya - Satu lagi film berkualitas karya anak bangsa akan menyemarakkan bioskop-bioskop tanah air tahun ini. 'Hasduk Berpola', sebuah film yang mengangkat isu nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia.

Film yang disutradarai oleh Haris Nizam ini bercerita tentang seorang bocah yang mengibarkan janji kebangsaan. Dalam film ini kita belajar memaknai arti merah putih dari seorang bocah lelaki bernama Budi, cucu seorang veteran yang gagal mengibarkan bendera dan merasa dirinya pecundang negeri ini. Film ini hadir dengan cerita yang natural dan logis.

Film berdurasi 90 menit ini bergenre anak-anak, diharapkan akan bisa menjadi titik awal bangkitnya kembali nasionalisme bangsa, melalui anak-anak kita.

Banyak yang bertanya 'Hasduk' itu apa? Secara etimologi, 'hasduk' diadopsi dari bahasa Belanda : 'Halsdoek' (hals=leher, doek=kain), yang artinya 'kain leher' atau syal, atau dalam bahasa Inggris berarti 'scarf'.

Di Jawa Timur, khususnya Surabaya dan sekitarnya, sebutan 'Hasduk' lazim digunakan untuk dasi Pramuka (merah-putih).

Hasduk Berpola (HB), bercerita tentang dasi pramuka Budi yang berkembang kemana-mana, unpredictable Story. Film HB adalah sebuah film dengan kearifan lokal. Setting lokasi di salah satu desa minyak di Bojonegoro (sumur minyak tambang tradisional) dan closing di jl Tunjungan Surabaya (Hotel Sejarah Oranye) dengan sekian kemegahan kesenian tradisional Surabaya (Jatim).

Film yang akan memulai proses syuting pada bulan Mei mendatang, diadopsi dari sebuah cerpen berjudul sama, Hasduk Berpola karya Bagas Dwi Bawono. Sementara script film ditulis oleh Kirana Kejora (Novelis best seller nasional novel 'Air Mata Terakhir Bunda') dan Bagas Dwi Bawono. Disutradarai oleh Harris Nizam (sutradara film box office 'Surat Kecil Untuk Tuhan').

Dibintangi oleh Idris Sardi, Iga Mawarni dan bintang-bintang remaja. Pemeran anak-anak akan dibintangi oleh anak-anak asli daerah yang lolso casting. Film HB diproduksi oleh Squareapple & Skylar Pictures.

Nah kenapa film ini diberi judul 'Hasduk Berpola'? Apa cerita dibalik 'pola' gambar yang ada pada hasduk ini? Temukan jawabannya di bioskop terdekat pada bulan Nopember 2012 nanti.

 

Oleh: Masruroh

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING