all_header_1
Friday, 18 Apr 2014 - 20.08 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

iPad 2 atau Playbook atau Galaxy Tab 10.1?

Friday, 27 May 2011 - 15.24 WIB

iPad Playbook Galaxy Tab2

iPad 2 (kiri), Blackberry Playbook (kanan), Samsung Galaxy Tab (bawah)

Pada waktu hanya ada iPad di pasaran, pilihannya begitu mudah, antara membeli atau tidak membeli. Namun teknologi berkembang dengan pesat, kompetitor bersaing untuk menjadi yang terbaik, dan muncullah dua pesaing lagi di dunia tablet: Samsung Galaxy Tab 10.1, dan Blackberry Playbook, yang rilisnya telah didengung-dengungkan Blackberry sejak lama. Persoalan jadi sedikit lebih sulit, dan Anda harus mengubah pertanyaan Anda, bukan masalah membeli atau tidak, tetapi membeli yang mana?

Ketiga-tiganya sama-sama ‘pintar’, sama-sama menguras kocek, sama-sama memberikan pengalaman multimedia yang menakjubkan. Tetapi semua produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Dan kemampuan untuk memilih produk yang tepat akan menghindarkan Anda dari penyesalan yang tidak perlu.

Sebenarnya, perubahan mendasar pada ketiga tablet ini adalah sistem operasi-nya (OS). Blackberry menggunakan Blackberry OS, iPad menggunakan iOS 4.3, sementara Galaxy Tab 10.1 mengusung Android 3.0. Dalam kaitannya dengan aplikasi, iOS dan Android lebih populer, dan bersaing ketat. Malah beberapa pendapat menegaskan bahwa Android mempunyai kesempatan untuk mengalahkan iOS dalam hal jumlah dan variasi aplikasi. Ada yang mengatakan, pilih iOS jika Anda ingin mengikuti trend, pilih Android jika Anda ingin menciptakan trend. Hal itu karena Android adalah OS yang benar-benar fleksibel, dan seperti halnya aplikasi open source di PC, Android sangat terbuka pada ‘utak-utik’ yang dilakukan oleh pihak ketiga. Sementara iOS bersikukuh untuk tetap ‘ekslusif’. Namun hal tersebut ada baiknya juga, karena hingga saat ini, kualitas aplikasi-aplikasi pada iOS selalu terjaga.

Tapi soal ‘performa’, Blackberry Playbook benar-benar paling ‘gila’. Dengan 1 GHz dual-core processor, Playbook didukung dengan RAM 1 GB yang boleh dikatakan sangat, sangat, cepat. Saya harus memberikan penekanan, karena memang spesifikasi 1 Ghz dual-core processor itu jika diletakkan di dalam PC saja masih cukup mumpuni, apalagi jika dijadikan processor tablet yang pekerjaannya tidak lebih berat dari PC, maka dapat Anda bayangkan ampuhnya perangkat ini. Tidak mengherankan memang, karena Playbook memang dirancang bukan hanya untuk browsing, tapi juga untuk ‘gaming experience’.

Sementara iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1, yang juga dilengkapi dengan 1 GHz dual core, tidak menspesifikasikan RAM, namun beberapa sumber mengatakan bahwa keduanya mempunyai RAM maksimal 512 mb. Dan itu sama sekali tidak berarti iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1 kalah cepat dengan Playbook. Malah, saya menemukan banyak sekali game-game kompleks yang ‘dipindahkan’ ke iPad, seperti Assassins Creed dan Splinter Cell, dua game yang biasanya dimainkan di Xbox.

Soal kelegaan mata, besar layar memang cukup menentukan. Dan jika Anda ingin layar paling besar, Galaxy Tab 10.1 pemenangnya, dengan ukuran layar 10.1 inch. Sedangkan iPad 2 tetap pada ukuran 9.7 inch, dan Playbook, ringkas dengan ukuran layar 7 inch. Namun untuk masalah ‘kenikmatan’ yang diberikan pada mata Anda, saya harus memberikan acungan jempol pada iPad. Dedikasinya pada ‘multimedia experience’ benar-benar luar biasa. Dengan teknologi LED-backlit display, foto-foto dan video resolusi tinggi akan nampak benar-benar ‘hidup’. Bahkan di tempat-tempat dengan pencahayaan rendah, seperti di dalam pesawat terbang misalnya.

Mengenai fleksibiltas dan kompatibilitas browsing, Playbook dan Galaxy Tab lebih unggul. Karena kedua gadget ini sudah mendukung Adobe Flash 10.1, jadi semua video berbasis flash (.flv) yang kebanyakan ada di website-website, dapat diputar dengan baik. Sementara iPad dan iOS nya yang eksklusif masih ‘bermasalah’ dengan video-video flv. Namun sempat diberitakan bahwa sudah muncul aplikasi pihak ketiga yang mampu ‘memaksa’ browser iOS untuk memutar video flv dan cukup berhasil.

Satu lagi yang pasti Anda tunggu-tunggu, soal kamera. Ya, bagaimanapun juga kurang lengkap jika tablet-tablet ini tidak dilengkapi dengan kamera, karena, salah satu fungsi utama yang digaung-gaungkan oleh ketiganya adalah fitur video chat. Dan untuk yang satu ini, iPad 2 kelihatannya harus mengakui kalau dua teman-temannya ini sedikit di atasnya. Playbook dilengkapi oleh kamera depan 3 MP, dan kamera belakang 5 MP.  Sedangkan Galaxy Tab 10.1 didukung oleh kamera depan 2 MP dan kamera belakang 3 MP. Namun iPad, walaupun masih berkutat dengan kamera depan VGA, dan kamera belakang yang tidak disebutkan berapa Mega Pixel, tetapi diklaim sudah mempunyai kemampuan merekam video secara HD (High Definition). Dan hal itu memang sudah terbukti. Gambar yang Anda rekam akan mempunyai kualitas tampilan yang sangat tajam, seolah-olah Anda sedang menggunakan kamera video, dan hal ini jauh lebih baik dari hasil rekaman kebanyakan mobile gadget lainnya. Mungkin juga karena kemampuan ‘menangkap warna’ yang dimiliki oleh Apple memang belum terkalahkan.

Perbandingan terakhir yang tak kalah penting untuk Anda pertimbangkan adalah storage. iPad memenangkan pertandingan dengan kapasitas storage mencapai maksimal 64 gb, sebuah ruang penyimpanan yang sangat leluasa. Ribuan lagu dan foto dapat Anda tinggalkan di sana hingga suatu saat Anda ingin meniliknya lagi, tanpa harus memikirkan apakah ruangan masih cukup untuk file-file baru. Galaxy Tab 10.1 harus puas di kapasitas maksimal 32 GB, sementara Playbook malah tidak menyebutkan kapasitasnya, tapi beberapa sumber mengatakan, Playbook mempunyai kapaitas sekitar 16 atau 32 GB.

Jadi, Anda sudah memutuskan akan membeli yang mana? Atau Anda semakin susah menentukan pilihan? Yang jelas, jika Anda ingin multimedia experience yang eksklusif, iPad mungkin lebih tepat untuk Anda. Jika Anda ingin fleksibilitas, dan kompatibilitas, Galaxy Tab jawabannya. Jika Anda adalah seorang gamer tetapi juga seorang profesional yang sibuk, Anda harus mencoba Playbook. (SAC)

 

sumber gambar: PC World

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING