Senin, 22 Sep 2014 - 13.06 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

2013, Penjualan Kendaraan Diprediksi Capai 1,2 Juta Unit

Rabu, 28 Agu 2013 - 15.46 WIB

pameran otomotif 8

Pameran otomotif di Surabaya. Foto: Centroone.com/Suryanto

Jakarta - Frost & Sullivan memprediksi penjualan kendaraan di Indonesia tahun 2013 ini akan tetap mencapai 1.2 juta unit. Prediksi Frost & Sullivan tersebut tidak berubah terkait dengan perkembangan-perkembangan baru yang berpotensi untuk menjadikan tahun ini sebagai tahun perubahan bagi sektor otomotif Indonesia dengan dampak strategis yang diperkirakan berjangka panjang.

Dushyant Sinha Associate Director Automotive Practice Asia Pasifik Frost & Sullivan mengatakan, bahwa pertumbuhan konsumsi domestik dan kampanye promosi yang agresif dari segi pasokan akan mendukung pertumbuhan secara keseluruhan di tahun ini. Kecenderungan kuat akan digulirkannya program Low Cost Green Cars (LCGC) di akhir tahun ini juga akan meningkatkan angka penjualan.

Namun, Dushyant mengingatkan bahwa kenaikan harga bahan bakar dan adanya tekanan inflasi dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga, serta memperlambat pertumbuhan penjualan kendaraan di Indonesia. Kenaikan suku bunga disertai dengan pengeluaran yang ketat akan menghalangi pertumbuhan penjualan kendaraan.

Dushyant menuturkan bahwa kanibalisasi pada beberapa sektor akibat dari adanya program LCGC dan tidak adanya perbaikan di sektor komoditas juga akan menghambat pertumbuhan penjualan kendaraan di Indonesia. Namun demikian, melemahnya rupiah dapat membantu kegiatan ekspor.

"Meskipun terdapat sejumlah ketidakpastian, kami akan tetap berpegangan pada prediksi kami tahun ini dimana pertumbuhan penjualan kendaraan di Indonesia akan mencapai 7.5 persen hingga 1.2 juta unit," kata Dushyant dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Pada semester pertama 2013, lanjut Dushyant, penjualan kendaraan tumbuh lebih dari 12 persen berkat adanya pertumbuhan ekonomi, kenaikan upah, dan rendahnya suku bunga. Pada bulan Juli penjualan kendaraan tercatat mencapai 112,000 unit, didorong oleh promosi besar-besaran menjelang lebaran.

 

Oleh: Fajar Sudrajat - Editor: Masruroh

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING