all_header_1
Wednesday, 16 Apr 2014 - 23.15 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Kementrian PU Siapkan Program Kompensasi BBM

Friday, 17 May 2013 - 13.12 WIB

djko kirmanto

Menteri Pekerjaan Umum Djoko KIrmanto. (Ist)

Surabaya - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengungkapkan bahwa kementerian yang dipimpinnya telah menyiapkan sejumlah program sebagai bentuk kompensasi kepada masyarakat karena pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

"Kami sudah siapkan program jika pembangunan infrastruktur dasar diberikan kepada Kementerian PU," katanya, di Surabaya.

Menteri merinci bahwa program tersebut antara lain program percepatan dan perluasan pembangunan infrastruktur permukiman (P4-IP), sistem penyediaan air minum (P4-SPAM), dan sumber daya air (P4-SDA).

Dijelaskan, dalam program P4-IP masyarakat miskin di 2.450 desa, dengan tingkat kemiskinan di atas 50 persen, akan menerima bantuan sebesar Rp350 juta per desa.

Selanjutnya masyarakat miskin di 1.200 kelurahan, dengan tingkat kemiskinan di atas 40 persen, akan menerima bantuan Rp350 juta per kelurahan.

"Masyarakat miskin di 6.040 desa penerima program PPIP (percepatan pembangunan infrastruktur perdesaan) reguler 2013 juga akan mendapat kucuran dana sebesar Rp100 juta per desa," kata Djoko.

Sementara untuk program P4-SDA Kemen PU akan melakukan pembangunan serta rehabilitasi sarana dan prasarana penyedia air baku di 27 provinsi untuk masyarakat miskin di daerah rawan air.

Selain itu juga akan diberikan dukungan layanan irigasi dan rawa seluas 140.803 hektare serta pembangunan 111 embung di 26 provinsi untuk masyarakat miskin di perdesaan.

"Untuk masyarakat miskin yang tinggal di kampung nelayan, kami akan melakukan pembangunan pengamanan pantai dan normalisasi sungai di dua provinsi," kata menteri. (Ant/rur)

 

Komentar

choirul

17 May 2013 - 14:41 (11 months ago)

nah ini yang ditunggu2 sama masyarakat stidaknyakan nilai mensejahterahkan rakyat indonesia itu ada dalam progam ini,,,

Mr Krab

17 May 2013 - 14:31 (11 months ago)

Pembangunan infrastruktur di daerah terutama desa - desa memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar aktivitas ekonomi. Harus dipastikan terlaksana agar masyarakat desa tidak terlalu tertinggal perekonomiannya. Pengawasan dari masyarakat sendiri juga harus ada supaya meminimalkan penyimpangan aliran bantuan dana tersebut.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING