Kemenhub Usul Subsidi PSO Mudik Rp 568 M

Sabtu, 08 Sep 2012 - 16.01 WIB
mangindaan ka2

EE. Mangindaan. Foto: Antara

Jakarta - Kementerian Perhubungan mengusulkan adanya subsidi Public Service Obligation (PSO) sebanyak Rp 568,9 miliar. Hal itu untuk mengurangi pergerakan sepeda motor pada angkutan mudik lebaran tahun 2013.

"Subsisi PSO yang diusulkan tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu mengangkut pemudik sepeda motor dan kendaraannya dengan menggunakan bus, truk, kapal laut, dan kereta api," kata Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (9/8/2012).

Menurut dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah BUMN terkait dan melakukan perhitungan secara garis besar guna mengurangi jumlah pergerakan sepeda motor pada lebaran 2013. Ia mengemukakan, dengan perkiraan sepeda motor yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran pada tahun depan bisa mencapai 2,79 juta unit sepeda motor.

Dengan pemberian subsidi PSO tersebut, lanjutnya, maka diharapkan dapat mengurangi pergerakan sepeda motor hingga sebesar 538 ribu unit.

Menhub memaparkan, subsidi Rp 568,9 miliar itu rencananya akan terdiri atas Rp 195,93 milar untuk mengangkut motor menggunakan truk dan bis, Rp 172,64 miliar untuk subsidi pengangkutan motor menggunakan kereta, dan Rp 30,31 miliar untuk subsidi pengangkutan motor menggunakan kapal laut.

Selain itu, pula diusulkan kegiatan pengadaan dan pemasangan fasilitas keselamatan jalan khususnya yang memiliki fasilitas keselamatan sangat minim dengan usulan Rp 50 miliar dan pengadaan 100 unit bus besar untuk mendukung angkutan lebaran dengan usulan anggaran Rp 120 miliar.

Sebelumnya, Dirut PT KAI menginginkan moda angkutan kereta api mendapatkan subsidi untuk mengangkut kendaraan sepeda motor pada arus mudik dan balik lebaran guna mengurangi jumlah pemudik motor saat lebaran. Menurut dia, pada saat ini masih belum banyak pemudik yang menggunakan jasa pengangkutan sepeda motor melalui kereta karena tarifnya dinilai mahal.

Jonan mengingatkan, menjelang lebaran, pihaknya dapat mengoperasikan kereta barang yang secara total dapat digunakan untuk mengangkut sepeda motor hingga mencapai sebanyak 300 ribu unit per pekan.

Ia mengemukakan, bila pengangkutan sepeda motor melalui kereta api rata-rata dapat menghabiskan biaya sekitar Rp 250 ribu per unit motor, maka seharusnya ditentukan agar biaya untuk jasa tersebut hanya sekitar Rp 50 ribu per unit sedangkan Rp 200 ribu sisanya ditanggung oleh PSO.

Editor: Raden Trimutia Hatta

Temukan artikel ini di

http://www.centroone.com/index.php/news/2012/09/1m/kemenhub-usul-subsidi-pso-mudik-rp-568-m/