Selasa, 21 Okt 2014 - 20.28 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Investasi Bandara Kulon Progo Capai Rp 6 T

Selasa, 14 Agu 2012 - 18.03 WIB

Bandara Kulon Progo2

Desain Bandara Kulon Progo

Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) memperkirakan nilai investasi pembangunan Bandara Internasional Kulon Progo, Yogyakarta mencapai Rp 6 triliun. Berdasarkan masterplan (rencana induk) bandara tersebut berada di Kecamatan Temon, yakni antara Pantai Congot sampai Pantai Glagah, Kulon Progo.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura I Miduk Situmorang mengatakan, mengenai investasi harus dihitung secara detail, karena pembangunan bandara tersebut nantinya akan ditenderkan dan investor perlu mengetahui nilai investasinya.  

"Kemungkinan kebutuhan dana untuk investasi Bandara Kulon Progo bisa mencapai Rp 6 triliun. Biasanya setelah Rencana Teknis Terinci (RTT), nilai investasi baru diketahui," ujar Miduk di Jakarta, Selasa (14/8/2012).

Ia menjelaskan, pada minggu lalu, perseroan mempresentasikan masterplan bandara tersebut bersama dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam presentasi tersebut, tidak ditemukan adanya hambatan mengenai pembangunan Bandara Kulon Progo.

Ia menambahkan, Bandara Kulon Progo akan dibangun di lahan seluas 637 hektare. Untuk konsep bandara yang akan dibangun adalah international airport dengan dual linear terminals (terminal ganda) dan panjang landasan 3.250 meter, lebar 45 meter. Juga, bandara tersebut dapat menampung 28 pesawat.

"Sedangkan untuk kapasitas penumpang, diperkirakan terminal akan mampu menampung 10 juta orang per tahun, dan dapat dikembangkan sampai tahap ketiga menjadi 20 juta penumpang per tahun," demikian Miduk.

Reporter: Fajar Sudrajat - Editor: Shinta Sinaga

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING