Rabu, 23 Jul 2014 - 08.28 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Santan Bubuk Mulai Dilirik Industri

Senin, 02 Apr 2012 - 14.16 WIB

santan2

Endang Srihari dan Farid Srilingga menunjukkan proses pembuatan santan bubuk di laboratorium Ubaya, Senin (02/04). Foto: CentroOne.com/Anggraenny Prajayanti

Surabaya- Santan bubuk yang diciptakan dua dosen Universitas Surabaya (Ubaya) dilirik industri. Pertengahan tahun mendatang, pabrik santan bubuk siap didirikan dan berproduksi.  

Dosen Teknik Pangan Ubaya, Farid Srilingga mengatakan pabrik tersebut nantinya akan didirikan di Tulungagung.  

"Sesuai dengan MoU yang sudah dilakukan, kapasitas produksinya mencapai 1 ton santan bubuk per hari," kata Farid ketika ditemui di Ubaya, Senin (02/04).  

Seperti diberitakan sebelumnya, santan bubuk ini merupakan kreasi bentuk santan. Jika selama ini sudah dikenal santan cair langsung pakai di pasaran, santan bubuk ini memiliki sejumlah kelebihan. Diantaranya adalah kandungan lemak yang lebih rendah.  

Di santan cair, kandungan lemaknya mencapai 35,63%. Sedangkan santan bubuk hanya 24,69%. Karena berbentuk bubuk, penyimpanan santan ini juga bisa lebih lama, mencapai satu tahun apalagi jika diolah dan di kemas dengan baik.  

Dosen Teknik Kimia Ubaya yang menelurkan ide santan bubuk ini, Endang Srihari menambahkan, produk yang mereka ciptakan awalnya hanya untuk eksperimen dan kemudian dipresentasikan di Seminar Nasional di Universitas Diponegoro Semarang.  

"Kalau bahan bakunya 600 mili liter santan cair, yang jadi bubuk hanya 30 persennya," tutur Endang. Namun jika sudah masuk ke industri, Ia yakin produksinya akan lebih besar lagi karena alat yang digunakan juga lebih baik.  

Keduanya mengatakan, sampai saat ini di Indonesia belum ada yang memproduksi santan bubuk.  

"Saya dapat ide justru pas ke Malaysia dan melihat ada santan bubuk ini," ujarnya. Cara pengolahannya, santan bubuk cukup dicampur dengan air dan kemudian diolah ke masakan atau kue dan minuman.  

Oleh: Anggraenny Prajayanti-Editor: Vivi Irmawati

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING