Senin, 24 Nov 2014 - 11.58 WIB
Follow : Like : RSS : Mobile :
Latest News

Mempercantik Makam Legenda Cinta di Buleleng

Selasa, 26 Peb 2013 - 02.58 WIB

makam legenda cinta buleleng editiittt

centroOne/Istimewa

Singaraja - Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana berjanji akan mempercantik makam Jayaprana sebagai legenda percintaan masyarakat Pulau Bali.

"Kisah cinta Jayaprana dengan Layonsari tak ubahnya dengan kisah romantis Romeo dan Juliet serta Sampek Engtay," kata Suradnyana di Singaraja, Kabupaten Buleleng belum lama ini.

Oleh sebab itu, dia segera menata makam Jayapran yang berada di kawasan Hutan Teluk Terima, Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, itu.

Ia menceritakan, bahwa Jayaprana dan Layon Sari pasangan suami-istri pada masa Kerajaan Wanekeling Kalianget di Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng.

Nah, karena terpesona oleh keelokan Layon Sari, Raja Wanakeling melakukan berbagai upaya dan tipu muslihat, sehingga bisa membunuh Jayaprana.

Setelah Jayaprana terbunuh, Raja Wanakeling berniat mempersunting Layon Sari. Namun, Layon Sari tidak mau diperistri oleh raja dan memilih bunuh diri untuk menyusul suami tercintanya.

Setiap bulan purnama dan 'tilem' atau bulan mati serta hari keagamaan Hindu lainnya, seperti Galungan dan Kuningan, makam Jayaprana banyak dikunjungi kaum muda-mudi Hindu Bali.

"Dengan dipercantik, kami ingin makam Jayaprana itu juga menjadi salah satu tujuan wisata di kawasan Bali utara," tutur Suradnyana.

Ia juga berharap setiap kecamatan di Kabupaten Buleleng mampu melestarikan kebudayaan yang nantinya bisa dijadikan ikon pariwisata. (ant)

Editor: Ary Nugraheni

Komentar

Belum ada yang memberikan komentar.

Kirim Komentar

Untuk kirim komentar silahkan Login atau Register

NEWSLETTER
Get our free Centro One newsletter and stay in touch with the latest news and updates from your email inbox!
POLLING